NEWSOLAHRAGA

Venue F1H2O Toba Siap Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Ski Air PON XXI

Rabu, 29 Maret 2023, 21:49 WIB
Last Updated 2023-03-29T15:42:36Z
Venue F1H2O Toba Siap Jadi Tuan Rumah  Kualifikasi Ski Air PON XXI.



TOBA-BERITAGAMBAR : 
Danau Toba, tepatnya di Teluk Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra siap menjadi tuan rumah babak kualifikasi olahraga Ski Air PON XXI. 


Pemerintah Kabupaten Toba menyatakan venue (lokasi) utama yang sudah digunakan untuk ajang F1 PowerBoat Lake Toba (F1H2O) kembali siap menjadi lokasi pertandingan olahraga air yang pada PON sebelumnya tidak diperlombakan ini.


Potensi dan kesiapan Pemkab Toba ini disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PB PSAWI) Danny Boestami di Balige, Rabu (29/3). 


 Bupati Poltak Sitorus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatra Utara dan tim PSAWI yang memilih Kabupaten Toba sebagai salah satu tempat babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga Ski Air yang direncanakan pada 27 Juni - 4 Juli 2023. 


"Untuk persiapan babak kualifikasi PON ini, fasilitas di sini sudah cukup baik. Prinsipnya Kabupaten Toba mendukung 100 persen supaya PON bisa sukses," kata Bupati Poltak Sitorus.


Ia juga kembali mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat atas suksesnya F1H2O yang berlangsung bulan Februari 2023 lalu dimana daerah Toba menjadi lebih terkenal ke seluruh dunia. Kemudian saat ini memohon kembali dukungan masyarakat untuk kesuksesan acara PON XXI ini nantinya. 


Ketua PB PSAWI, Danny Boestami memaparkan rangkaian persiapan pertandingan olah raga Ski Air di ajang PON XXI. "Sudah ada beberapa daerah mengajukan diri sebagai lokasi (panitia), namun tim sudah melihat kesiapan Balige dalam hal ini," katanya. 


Lebih lanjut tim juga sudah mengecek sarana dan prasarana termasuk kedalaman, ketenangan dan gelombang air di lokasi. Pihaknya pun akan menerima masukan dari federasi dunia tentang lokasi ini. Ditambahkan sarana Bandara yang dekat lokasi dan ketersediaan akomodasi menjadi nilai tambah akan kesiapan lokasi ini. 


"Event ini sudah sangat ditunggu-tunggu karena pada PON XX tahun 2020 di Papua ski air tidak dipertandingkan," katanya. Diperkirakan akan hadir atlet Ski Air sekitar 200 orang, dan belum termasuk para official-nya. 


 Turut hadir mendampingi jajaran pengurus KONI Sumut, pengurus PSAWI Sumut, Asisten Perekonomian Setdakab Toba Jonni DP Lubis, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Rikardo Hutajulu, Kadis Pariwisata Rusti Hutapea, Sekdis Kominfo Tulus Hutabarat, Camat Balige Pantun J.Pardede, dan lainnya.  (BG/TB)

TRENDINGMore