DAERAHNEWSSUMUT

Gubsu Hadiri Halalbihalal 1444 H, Kesultanan Asahan

Minggu, 30 April 2023, 15:05 WIB
Last Updated 2023-04-30T08:05:21Z

Gubsu Hadiri Halalbihalal 1444 H, Kesultanan Asahan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri Halalbihalal 1444 Hijriah  bersama Keluarga Besar Kesultanan Asahan, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Sabtu (29/4).


Hadir di antaranya Sultan Asahan XII Tuanku Kamal Abraham Abdul Djalil Rahmadsyah Alhaj, Sultan Langkat, Deli, Serdang, Datok Prof Djohar Arifin serta tokoh Melayu lainnya, bersama seratusan keluarga besar Kesultanan Asahan.


Dalam sambutannya, Gubenrur Edy Rahmayadi menyampaikan, keberadaan bangsa Melayu, khususnya di Pantai Timur Sumatera Utara membuktikan betapa peran kerajaan atau kesultanan yang ada di sepanjang jalur pesisir ini mengiringi perkembangan peradaban masyarakat. Warisan budaya yang ada sampai sekarang, merupakan peninggalan sejarah serta simbol keberadaan suku ini di tengah masyarakat.


"Saya ingin semua kesultanan Melayu ini, mulai dari Langkat sampai ke Labuhan bersatu dan saling menguatkan," ujar Gubernur yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.


Khusus untuk Kesultanan Asahan, Gubernur menyampaikan tentang banyaknya peninggalan sejarah peradaban Melayu seperti di Kabupaten Asahan maupun Kota Tanjungbalai yang dahulunya merupakan satu wilayah administratif.


Usai sambutan, acara diisi dengan makan bersama dan mendengarkan hiburan lagu-lagu Melayu Asahan. Serta ditutup dengan Tausiah oleh Ustaz Abdul Muhadir Ritonga.(BG/MED)



TRENDINGMore