MEDANNEWS

Medan Islamic Center Rumah Peradaban Islam di Sumut

Selasa, 11 April 2023, 08:17 WIB
Last Updated 2023-04-11T01:17:47Z

Medan Islamic Center Rumah  Peradaban Islam di Sumut.

 

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pembangunan Medan Islamic Center yang tahun ini mulai dikerjakan akan menjadi kebanggaan bagi warga Kota Medan, sebab Medan Islamic Center tersebut akan menjadi rumah bagi peradaban islam di Provinsi Sumatra Utara. 


Demikian disampaikan Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan M. Sofyan ketika mewakili Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara Safari Ramadan Pemko Medan yang digelar di Masjid Al Hidayah jln. Bunga Teratai, Kec. Medan Selayang, Senin (10/4).


"Salah satu yang terus diupayakan Bapak Wali Kota Medan, Pak Bobby Nasution agar bisa segera hadir adalah pembangunan Medan Islamic Center yang tahun ini kita mulai. 


Pembangunan Medan Islamic Center yang berlokasi di Kel. Tangkahan, Kec. Medan Labuhan dengan luas 21 Ha ini akan menjadi rumah bagi peradaban islam di Provinsi Sumut."kata M. Sofyan dihadapan ratusan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.


Sofyan menjelaskan seperti namanya Islamic Center, di lokasi tersebut nantinya akan dibangun beragam fasilitas seperti Perguruan Tinggi, Sekolah, Lembaga Dakwah dan kantor-kantor Ormas Islam hingga pusat perbelanjaan. "Di Islamic Center ini juga nantinya akan menonjolkan kebudayaan Melayu sebagai identitas asli Kota Medan, Melayu Deli,"ujarnya. 


Untuk itu M. Sofyan berharap BKM Masjid dapat bergerak cepat dan tanggap, sebab program Masjid Mandiri akan menjadi program yang bisa mengakselerasi percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19.


"Untuk itu momentum fase pandemi covid-19 menjadi endemi ini harus bisa kita manfaatkan untuk bisa membangkitkan kembali ekonomi umat muslim kota Medan yang sempat terpuruk akibat pandemi yang berkepanjangan tiga tahun kemarin,"ajak Sofyan. 


Seperti biasanya dalam Safari Ramadan Pemko Medan tersebut diserahkan sejumlah bantuan diantaranya bantuan berupa hibah sebesar Rp 50 juta untuk renovasi Masjid, bantuan buku-buku dan satu set perlengkapan tenis meja, penyerahan akte Pendirian Koperasi Masjid, bantuan berupa 1 unit gerobak kayu dan 2 unit gerobak usaha, bantuan paket Ramadan dan sembako sebesar Rp. 10 juta, penyerahan KTP Elektronik, dan penyerahan bantuan kepada anak-anak yatim piatu se-Kecamatan Medan Selayang. 


Sebelumnya Ketua BKM Masjid Al-Hidayah Suryadi menyampaikan ungkapan terimakasihnya atas kunjungan Pemko Medan ke Masjid Al-Hidayah. Menurutnya sejak tahun 1978 baru kali ini Masjid Al-Hidayah di kunjungi oleh Pemerintah Daerah. 


"Saya atas nama BKM Masjid merasa bangga dan berterimakasi sekali kepada Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution yang sudah mengunjungi Masjid kami, ini kali pertama Pemda mengunjungi Masjid kami sejak berdirinya Masjid ini,"ungkapnya seraya menyampaikan secara singkat sejarah dari Masjid Al-Hidayah tersebut.(BG/MED)

TRENDINGMore