MEDANNEWS

Otoritas Pelabuhan Belawan Prediksi Jumlah Penumpang Jalur Laut Meningkat

Kamis, 06 April 2023, 15:26 WIB
Last Updated 2023-04-06T08:26:47Z

 

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan DR Capt Wisnu Handoko MSc didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Kacab Pelni Biwa Adi Laksana dan Syahbandar Utama Belawan meninjau ruangan VIP di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan dan Posko Terpadu Lebaran 1444 H.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

 Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan DR Capt Wisnu Handoko MSc memprediksi akan adanya lonjakan arus mudik Lebaran 1444 H tahun 2023 yang terjadi pada Sabtu (15/4) dan arus balik pada Rabu (3/5) serta terjadinya lonjakan penumpang.


“Kantor Otoritas Pelabuhan Utama telah memprediksi akan terjadinya lonjakan arus mudik, arus balik serta lonjakan penumpang yang akan naik turun di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan,” ujar Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan DR Capt Wisnu Handoko MSc saat memimpin apel Gabungan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2023 di halaman Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan di Belawan, Kamis (6/4).




Apel Gabungan Pembukaan Posko Lebaran 2023 diikuti oleh sejumlah perwakilan dari instansi pemerintah di jajaran Ditjen Perhubungan Laut, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Kacab Pelni Medan Biwa Abi Laksana, Kepala Syahbandar Utama Belawan Captain Barto Ari Raharjo MSi, Pelindo, Lantamal I Belawan, Basarnas dan Bea Cukai.


Dijelaskan Wisnu, OP Utama Belawan telah memprediksi akan terjadinya kenaikan jumlah penumpang sebesar 31.876 orang yang akan turun di Pelabuhan Belawan dan 29.948 penumpang yang akan naik dari Pelabuhan Belawan.


Selain itu, tambah Wisnu, Ditjen Perhubungan Laut telah memperhitungkan akan terjadi rencana kenaikan jumlah penumpang angkutan laut Lebaran 1444 H tahun 2023 dengan melihat perubahan kebijakan aturan perjalanan orang dalam negeri maka perkiraan sementara penumpang adalah sebesar 2.411.093 atau naik 16,5 persen dari angkutan Lebaran tahun 2022 lalu.


Wisnu meyakini bahwa peningkatan jumlah penumpang angkutan laut Lebaran 2023 setelah pemerintah resmi menerbitkan aturan pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai 30 Desember 2022 yang disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia.


Pada bagian akhir pidatonya, Wisnu berharap kepada seluruh pihak terkait dalam posko terpadu agar melaksanakan kelaiklautan dan kesiapan armada bagi operator kapal, penerapan protokol kesehatan di Pelabuhan Belawan, antisipasi cuaca untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran dengan berkordinasi BMKG Belawan.


“Pengawasan kapasitas angkut penumpang, tingkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran, perusahaan pelayaran wajib memperbaharui informasi terkini jadwal kedatangan/keberangkatan kapal di Pelabuhan Belawan,” pungkas Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan.


Usai melaksanakan apel gabungan, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Kacab Pelni Biwa Abi Laksana dan Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan Captain Barto Ari Raharjo MSi, meninjau langsung lokasi Posko yang berada di halaman depan Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan.


Di posko tersebut nantinya ada layar monitor secara online sehingga bisa dipantau kondisi naik turun penumpang di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan.(BG/MED)




TRENDINGMore