DAERAHNEWSSUMUT

Peringati HUT Ke-152, Wali Kota Himbau Pimpinan OPD Siantar Pakaian Adat Simalungun

Jumat, 21 April 2023, 17:26 WIB
Last Updated 2023-04-21T10:26:38Z


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR :

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-152, Wali Kota menghimbau pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Pematangsiantar dan elemen masyarakat mengenakan pakaian adat Simalungun.


Wali Kota Susanti Dewayani menyampaikan himbauan itu saat memimpin rapat pematangan persiapan HUT ke-152 di rumah dinasnya, Jl. Kapten MH. Sitorus, Kamis (20/4) siang.


Karena libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H, ada kesepakatan peringatan HUT ke-152 yang seyogianya 24 April, mundur menjadi 27 April 2023.


Pada kesempatan itu, Wali Kota memberikan sejumlah masukan, diantaranya agar mengundang seluruh pihak atau elemen masyarakat dalam momentum yang berharga itu.


“Jangan lupa, mengundang semua komponen, karena Raja Sangnaualuh Damanik merupakan milik masyarakat Pematangsiantar,” imbuh Wali Kota.


Masukan lainnya, Wali Kota meminta Camat Siantar Selatan Jufiter Sitepu bersama Lurah Simalungun agar melakukan persiapan pada peringatan Haul dan ziarah ke Jerat Raja Siantar di komplek Istana Raja Siantar di Pematang, Kel. Simalungun.


“Tolong lakukan pemasangan umbul-umbul di tempat strategis, termasuk di gerbang menuju lokasi dan memperhatikan kebersihannya,” minta Wali Kota dan berharap momentum Hari Jadi ke-152 Pematangsiantar itu dapat terselenggara dengan baik dan butuh saling kordinasi antara instansi.


Kepada Ketua Ikatan Keluarga Islam Simalungun (Ikeis) Lisman Saragih dan jajaran pengurus bersama pengurus Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik yang hadir dalam rapat, Wali Kota berharap dukungan dan arahan sepenuhnya demi terselenggaranya kegiatan nantinya. “Mohon bimbingan dan arahan.”


Sementara, Ketua Ikeis Lisman Saragih mengapresiasi persiapan Pemko Pematangsiantar dalam menyambut Hari Jadi ke-152 Pematangsiantar.


“Ikeis siap memberikan masukan dan kita berharap Ibu Wali Kota hadir pada saat Haul, karena nantinya ada penyantunan anak yatim,” harap Lisman.


Ikeis, tegas Lisman, memberikan dukungan moril kepada Wali Kota dalam memimpin Pematangsiantar, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan Hari Jadi ke-152 Pematangsiantar.


Karena itu, Lisman bersama para pengurus Ikeis, pengurus Yayasan Raja Sangnualauh Damanik dan sejumlah OPD memberikan masukan demi kelancaran kegiatan itu nantinya.


Kegiatan Haul Raja Sangnaualuh Damanik dalam rangka Hari Jadi ke-152 Pematangsiantar akan berlangsung pada Rabu (26/4) dan ziarah ke Jerat Raja Siantar di komplek Istana Raja Siantar akan berlangsung pada Kamis (27/4).


Tampak hadir Edi J dan Rado Damanik dari Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik, pengurus Ikeis H. Evra Sasky Damanik, Asisten Bidang Pemerintahan Pemko Junaedi Antonius Sitanggang, sejumlah pimpinan OPD dan lainnya.(BG/PS)


TRENDINGMore