NASIONALNEWSPERISTIWA

Satu Rumah Permanen Terbakar di Langsa

Kamis, 06 April 2023, 15:58 WIB
Last Updated 2023-04-06T08:58:01Z
Kondisi bagian dapur rumah Nuraini di Dusun Pendidikan Gampong Paya Bujok Seleumak, Kecamatan Langsa Baro yang terbakar.


LANGSA-BERITAGAMBAR : 

Diduga akibat korsleting listrik (arus pendek-red) satu rumah berkonstruksi permanen di Dusun Pendidikan Gampong Paya Bujok Seleumak, Kecamatan Langsa Baro terbakar, Kamis (6/4) sekira pukul 10:40 WIB.


Informasi yang wartawan himpun di lokasi kejadian, kebakaran yang menimpa rumah milik, Nuraini, (76) IRT, warga Dsn Pendidikan Gp Pb Seleumak, Kecamatan Langsa Baro yang tinggal bersama anaknya Nova (47) PNS.


Di mana saat itu, Nova berada di teras depan dan setahu bagaimana tiba-tiba api sudah membesar berasal dari ruang dapur rumah.


Kemudian Nova berteriak minta tolong dan melaporkan kepada Keplor Dusun Pendidikan yang kebetulan adalah pegawai di Kantor BPBD Langsa. Selanjutnya Keplor melaporkan kepada tim reaksi cepat BPBD Kota Langsa dan menurunkan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api tersebut.


Sementara api berhasil di padamkan sekira pukul 11:20, namun bagian ruang dapur rumah korban habis terbakar, sedangkan ruang lainnya belum terbakar dikarenakan pihak BPBD, Polri Dan TNI berserta masyarakat dengan sigap memadamkan kebakaran tersebut.


Sementara Kalaksa BPBD Kota Langsa, Nursal Saputra, S.STP, MAP kepada wartawan menjelaskan, sekira pukul 10:40 WIB, petugas piket pemadam BPBD Kota Langsa menerima laporan dari warga melalui nomor emergency tentang adanya kebakaran rumah permanen berukuran 7 x 10 meter dan petugas langsung menuju lokasi.


Selanjutnya, pihaknya menurunkan 4 unit armada, 1 tanki dan 1 ambulan, untuk melakukan pemadaman dan pendinginan hingga tuntas. Lebih dari 40 menit petugas berjibaku untuk memadamkan si jago merah, sehingga api berhasil dikendalikan.


“Penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Sedangkan dari konstruksi bangunan 70 persen rusak berat karena seluruh bagian dapur dan plafon habis terbakar. Dugaan sementara api berasal dari arus pendek/konsleting listrik) karena dari keterangan korban MCB listrik sempat beberapa kali balik amper,” tandasnya.(BG/NAS)


TRENDINGMore