DAERAHNEWSSUMUT

Sekber UEM Dukung Berdirinya Universitas Negeri Taput

Kamis, 20 April 2023, 18:13 WIB
Last Updated 2023-04-20T11:13:26Z

Sekber UEM Dukung Berdirinya Universitas Negeri Taput.

 

TAPUT-BERITAGAMBAR :

Pimpinan-Pimpinan Gereja yang tergabung dalam Sekretariat Bersama United Evangelical Mission (Sekber UEM) menyatakan untuk memberi Dukungan penuh dalam pendirian Universitas Negeri Umum di Kabupaten Tapanuli Utara.


Hal ini diutarakan ketika silaturahmi Sekber UEM bersama Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, didampingi Istri Satila Simamora, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Tarutung, Rabu (19/4/2023).


Kunjungan Silahturahmi dihadiri Pdt.Deddy Fajar Purba (GKPS), Pdt Paul U Munthe (GKPS), Pdt Immanuel Sitio (GKPS), Pdt Jon Albert Saragih (GKLI), Pdt Laris Malau (GKLI), Pdt Makmur Simamremare (GPP), Pdt Brani Jaya Hutauruk (GPP), Pdt.R Pandiangan (GPKB), Pdt D Sihombing (GPKB), Pdt Abednego Padang (GKPPD), Pdt Jhonson Anakampun (GKPPD), Pdt Firman Sibarani (HKI), Pdt Hotman Hutasoit (HKI), Pdt Ramos Simanjuntak (GKPA), Pdt Reinhard Siregar (GKPA), Pdt Abdul Hutauruk (GKPI), Pdt Humala Lumbantobing (GKPI), Pdt Krismas Barus (GBKP), Pdt Yunus Bangun (GBKP), Pdt. Dr. Robinson Butarbutar (HKBP), Pdt. Dr Victor Tinambunan MST (HKBP), Pdt Denol Sinaga ( HKBP), Pdt. Daniel Harahap, MTh,( HKBP).


Ketua Sekber UEM Pdt.Dr. Deddy Fajar Purba yang juga merupakan Ephorus GKPS, menyebutkan gagasan yang disampaikan Bupati Taput ditengah-tengah agenda seminar dinilai akan mampu mempercepat kemajuan bangso Batak khususnya masyarakat Tapanuli Raya.


"Kami Sekber UEM mendukung pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, Dengan Adanya Universitas Negeri Ini akan melahirkan multi dampak antara lain dalam rangka terwujudnya masyarakat yang cerdas dan bermartabat serta peningkatan makro dan mikro Ekonomi Kabupaten se-Kawasan Danau Toba dan Tapanuli Raya sekaligus mendukung Danau Toba Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas.


Saya mohon kita ikut mendukung demi kemajuanTapanuli Raya," sebut Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba..


Sementara itu, Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, MA utarakan hal senada terkait pentingnya universitas negeri yang bersifat umum.


"Kita dukung universitas negeri di Tapanuli Raya untuk generasi muda kita, anak anak kita. Untuk itu mari kita dorong bersama Sekber UEM memperjuangkan agar kelak Universitas negeri di Tapanuli Raya dapat terwujud" ujarnya


Di kesempatan itu, Bupati Taput kepada Sekber UEM, menerangkan bahwa filosofi orang batak “Anakhon hi do hamoraon di ahu” (anak adalah harta yang paling berharga), walaupun semiskin -miskinnya orang batak, akan tetap mengusahakan anaknya untuk berkuliah.


Bupati Nikson juga menambahkan, pentingnya pendirian Universitas Negeri Umum di Tapanuli Raya Khususnya Tapanuli Utara.


“Saya mohon dukungan agar Universitas Negeri Tapanuli Raya di Tapanuli Utara dapat berdiri. Kita hitung setiap tahun ribuan anak Tapanuli Raya berangkat kuliah baik ke Medan maupun Pulau Jawa. 


Jika ada Universitas Negeri di sini, pastinya para orang tua akan menguliahkan anaknya tidak perlu sampai jauh bahkan dari luar Tapanuli akan datang ke daerah kita ini. Perputaran perekonomian secara signifikan akan terjadi dampak berdirinya Universitas Negeri tersebut karena akan memberikan berbagai dampak positif, termasuk dampak terhadap perputaran perekonomian,” ungkap Bupati Nikson Nababan.(BG/TU)

TRENDINGMore