DAERAHNEWS

Dekan FP UHN Medan Teken MoA dengan Pemkab Samosir

Sabtu, 20 Mei 2023, 21:28 WIB
Last Updated 2023-05-20T14:28:30Z
Plt Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir dan Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, MSi (Dekan FP UHN), bersama dengan Drs. Martua Sitanggang, MM (Wabub Samosir) dan Dr. Ir. Richard AM. Napitupulu, ST, MT (Rektor UHN), berfoto bersama usai penandatanganan MoA.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Dekan Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen (FP UHN) Medan, Dr Hotden L Nainggolan SP MSi menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir, disela-sela pelaksanaan Dies Natalis ke-39 Fakultas Pertanian di Lt 3 Aula Fakultas Kedokteran UHN Medan, Rabu (17/5).



Dalam keterangannya, Sabtu (20/5/2023), Dr. Hotden L Nainggolan SP M.Si mengatakan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini adalah merupakan tindaklanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas HKBP Nommensen Medan dengan Pemarintah Kabupatan Samosir, beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.


Hotden menuturkan tujuan penandatanganan MoA ini adalah untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang berdampak positif dalam pengembangan kelembagaan kedua belah pihak, dengan memanfaatkan sumberdaya masing-masing pihak yang bekerjasama.



“MoA yang ditandatangani ini terkait dengan pelaksanaan kuliah umum, dengan menghadirkan dua narasumber dari Pemerintah Kabupaten Samosir, yaitu Wakil Bupati Samosir, Drs Martua Sitanggang MM mewakili Bupati Samosir, mengulas topik “Pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian selaras alam” dan Pjs Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir, Dr Tumiur Gultom SP MP yang mengulas tentang “Potensi pertanian dan dukungan Pemkab Samosir dalam pengembangan komoditi kopi”, tegas Dr Hotden L Nainggolan SP MSi.



Lebih lanjut, Dekan Fakultas Pertanian UHN ini menyampaikan kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Seminar Nasional tentang pengembangan komoditi kopi, yang direncanakan berlangsung sekitar bulan Juli-Agustus 2023 di Kabupaten Samosir”, tegas Hotden L Nainggolan.


Sementara itu, Dr. Tumiur Gultom, SP, MSi sangat mengharapkan bahwa hasil kerja sama antara Fakultas Pertanian UHN Medan dengan Pemerintah Kabupaten Samosir, secara khusus Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dapat berkelanjutan dan saling menguntungkan bagi kedua lembaga yang bekerjasama.



“Kegiatan hari ini akan berlanjut pada kegiatan-kegiatan lainnya, dalam waktu dekat akan diadakan Seminar Nasional tentang kopi di Kabupaten Samosir, yang tangani Fakultas Pertanian UHN Medan”, tegas Doktor Ilmu Pertanian lulusan UGM Yogyakarta ini.


“Dalam seminar nanti, kita akan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten untuk berbicara tentang kopi, seperti dari Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka), sehingga bisa diformulasikan model yang tepat dalam pengembangan kopi, secara khusus di Kabupaten Samosir, teknisnya diserahkan kepada Fakultas Pertanian UHN Medan”, pungkasnya kembali.(BG/TS)

TRENDINGMore