KESEHATANNEWSSUMUT

Gubsu Resmikan Imunoterapi Sel Dendritik Rumah Sakit Umum Royal Prima

Kamis, 25 Mei 2023, 12:53 WIB
Last Updated 2023-05-25T05:53:41Z

Gubsu Edy Rahmayadi.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan layanan Imunoterapi Sel Dendritik Rumah Sakit Umum Royal Prima. Edy Rahmayadi juga langsung mencoba teknologi kedokteran yang digagas dr Terawan Agus Putranto tersebut.


Usai meresmikan layanan Imunoterapi Sel Dendritik RS Royal Prima, Terawan langsung mengambil beberapa sampel darah Edy Rahmayadi untuk keperluan proses imunoterapi. Edy Rahmayadi apresiasi perkembangan teknologi kedokteran RS Royal Prima.


“Saya apresiasi perkembangan layanan di RS Royal Prima, bekerja sama dengan dr. Terawan dan memang kita butuh inovasi-inovasi seperti ini,” kata Edy Rahmayadi, saat memberikan kata sambutan di Aula RS Royal Prima, Jalan Ayahanda Nomor 68A, Medan, Rabu (24/5).


Semakin berkembangnya layanan dan teknologi di Sumut, menurut Edy Rahmayadi, akan mengurangi masyarakat melakukan wisata kesehatan ke negara tetangga. Hal tersebut tentu mengurangi pendapatan sebuah daerah.


Menurut keterangan Terawan, sel dendritik merupakan leukosit dari sumsum tulang belakang dan merupakan jenis sel pembawa antigen terkuat. Sel inilah yang bertanggung jawab atas respons kekebalan tubuh yang menjadi penjaga sistem kekebalan tubuh manusia.


Menurut keterangannya, dengan kuatnya sistem kekebalan tubuh spesifik pada suatu penyakit maka sulit bagi virus tersebut untuk mengganggu sistem. Ini mirip dengan cara kerja imunisasi, tetapi dilakukan di luar tubuh manusia dan secara spesifik bisa ditentukan penyakit apa yang ingin dilawan.(BG/SU)


TRENDINGMore