NASIONALNEWSSUMUT

Mantan Wapres JK : Jalan Rusak Contoh Ketidakadilan di Indonesia

Sabtu, 20 Mei 2023, 20:47 WIB
Last Updated 2023-05-20T13:47:32Z

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Jalan Rusak Contoh Ketidakadilan di Indonesia.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

“Sebanyak 30 persen jalan (raya) di Indonesia sulit dipakai menurut Badan Pusat Statistik (BPS), bukan menurut saya. Ini contoh ketidakadilan,” kata Wakil Presiden ke 10 dan 12 Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla dalam pidatonya di acara puncak Milad ke 21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5).


Menurut JK, salah satu contoh ketidakadilan di Indonesia itu adalah soal jalan rusak seperti di Lampung, Jambi hingga Makassar.


Meskipun jalan tol sepanjang 2.600 kilometer telah terbangun, akan tetapi dikatakan JK, ada 170.000 kilometer jalan raya rusak sebagaimana data BPS.


JK mengatakan, rakyat biasa yang tak mampu membayar tol dan tidak mendapatkan haknya karena ratusan ribu kilometer jalan raya justru rusak parah. Padahal menurut JK, jalan raya sangat mendesak, sebab setiap harinya digunakan rakyat Indonesia.


“Artinya adalah, orang bisa menganggap kalau mau jalan baik hanya orang mampu yang bisa jalan baik, karena dibayar. Tetapi jalan rakyat, yang dijalani setiap hari oleh petani kita dan pedagang kecil, oleh siapa pun rusak tidak diperbaiki. Itu ketidakadilan untuk rakyat, itu contoh yang kecil saja,” sebut JK.


“Kenapa jalan tidak baik? Menteri PU orang hebat tapi enggak ada tentu enggak ada, karena kita memilih proyek yang mahal-mahal yang itu manfaatnya tidak seperti apa yang diharapkan,” tambah JK.


Dia menambahkan, siapa pun nanti yang akan menjadi Presiden harus menyelesaikan tugas ini. “Itu prinsip keadilan. Siapa pun nanti Presiden yang baru harus mengubah,” pungkas JK mengakhiri.(BG/NAS)

TRENDINGMore