NEWSSUMUT

Pemprov Sumut Gelar Bimtek Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

Senin, 22 Mei 2023, 19:54 WIB
Last Updated 2023-05-22T12:54:21Z
Pemprov Sumut Gelar Bimtek Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE 


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) sedang menyusun arsitektur Sistem Pemerintah Elektronik Berbasis Elektronik (SPBE). Tujuannya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. 


“Salah satu tujuan utamanya adalah mengurangi duplikasi aplikasi,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugoroho saat membuka asistensi dan bimbingan teknis penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE Pemda se-Sumut di Aula Binagraha, Kantor Bappelitbang Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (22/5).


Selama ini, menurut Arief S Trinugoroho, banyak aplikasi instansi pemerintah yang fungsinya sama. Dengan disusunnya arsitektur SPBE, hal tersebut diharapkan tidak lagi terjadi. 


“Dengan adanya arsitektur ini, maka kita bisa efisiensi anggaran, efisiensi pelayanan pada masyarakat, semuanya bisa di satu aplikasi,” kata Arief. 


Untuk itu, menurut Arief, para Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk segera beradaptasi dengan sistem tersebut. Pola pikir ASN mengenai penggunaan teknologi digital haruslah diubah. Apabila masih ada ASN yang saat ini masih menggunakan cara kerja tradisional, maka ia akan tertinggal. 


“Mau tidak mau, suka tidak suka, kita hidup di zaman industri teknologi 4.0, maka kita (ASN) harus beradaptasi, menyesuaikan diri, jangan alasan sudah tua, nggak bisa belajar lagi, kita sekarang hidup di alam digital,” katanya.(BG/MED)



TRENDINGMore