DAERAHNEWSSUMUT

Ratusan KK Terdampak Banjir Di Rianiate

Selasa, 09 Mei 2023, 09:54 WIB
Last Updated 2023-05-09T02:54:16Z

 

Ratusan kepala keluarga (KK) di Lingk I, Kelurahan Rianiate, Kec. Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terdampak banjir.

TAPSEL-BERITAGAMBAR : 

Hujan deras yang melanda Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) akhir-akhir ini membuat ratusan kepala keluarga (KK) di Lingk I, Kelurahan Rianiate, Kec. Angkola Sangkunur, , terdampak banjir dengan ketinggian air sekitar 1 meter, pada Senin (8/5) siang.


Kapolsek Batangtoru, AKP Tona Simanjuntak, SH menjelaskan, usai mendapat informasi adanya banjir, pihaknya bersama pemerintah setempat langsung turun ke lokasi kejadian. Dengan berjalan kaki dan perahu, pihaknya mendatangi satu persatu rumah warga terdampak banjir.


Kapolsek menjelaskan, bahwa bersama pemerintah, pihaknya akan mendirikan tenda penampungan evakuasi di lokasi. Pendirian tenda di dataran yang lebih tinggi dari air. Selain itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan pendirian dapur umum, guna kebutuhan logistik masyarakat.


“Kami tengah berkoordinasi ke BPBD Tapsel untuk segera turun membangun Posko dan stand by di lokasi banjir di Kelurahan Rianiate ini,” ujar AKP Tona.


Menurut Kapolsek, hal itu sebagai upaya antisipasi, manakala curah hujan sewaktu-waktu kembali turun deras, serta untuk mengantisipasi meningkatnya volume air dari luapan Danau Siais di dekat lokasi.


“Banjir akibat curah hujan yang tinggi dan aliran Sungai Batangtoru dari hilir bisa saja bertambah, hingga berdampak ke kepemukiman warga lainnya dengan ketinggian air mencapai 1 meter selama 2 hari,” sebut Kapolsek.


Saat ini, lanjut Kapolsek, Forkopimca tetap melakukan imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati akan curah hujan yang sewaktu-waktu datang.


“Kami sarankan, agar masyarakat segera menempati tenda penampungan. Meski begitu, sampai saat ini tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini,” kata Kapolsek.(BG/TSEL)


TRENDINGMore