NEWSSUMUT

SMKN 1 Medang Deras Akan Direlokasi

Rabu, 24 Mei 2023, 17:12 WIB
Last Updated 2023-05-24T10:12:21Z

 

Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Asren Nasution, M.A, saat meninjau SMK N 1 Medang Deras, dengan kondisi jalan masuk yang tidak layak. Sekolah ini akan direlokasi di wilayah SMA N 1 Medang Deras.

BATUBARA-BERITAGAMBAR :

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Sumut merelokasi SMK Negeri 1 Medang Deras, Kab Batubara, karena lokasi berdiri bangunan saat ini tidak nyaman dan berbahaya dilalui siswa.


Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Asren Nasution, M.A, bersama Kacabdis Wilayah V Abdul Kadir Simorangkir, M.Si, beserta MKKS SMK Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Batubara dan Asahan, saat kunjungannya melihat SMK N 1 Medang Deras, Selasa (23/5), menerangkan perencanaan SMK Negeri 1 Medang deras dimulai sejak tahun 2015 dan dibangun pada tahun 2016 dan selesai pada 2017, proses perencanaan dan pembangunan SMK tersebut ketika masih berada dibawah naungan Pemkab Batu Bara.


“Menurut informasi yang kita peroleh, bahwa selama proses pembangunan unit sekolah baru telah terjadi dua kali adendum, dikarenakan ketidak kesesuaian kondisi lapangan dan akses menuju lokasi yang sulit, membawa material harus menggunakan sampan,” kata Asren


Asren menerangkan, sejak SMA dan SMK beralih dibawah provinsi pada 2017, SMK N 1 Medang Deras dalam kondisi akses jalan yang sulit dan berbahaya, serta jembatan yang tidak memadai serta beberapa kali mengalami kerusakan, kemudian akses menuju lokasi yang terus menerus mengalami abrasi mengakibatkan jalan menuju lokasi lokasi putus total. Kemudian setelah beberapa kali kunjungan pejabat daerah maupun pejabat provinsi ke sekolah tersebut, menghasilkan kesimpulan bahwa lokasi SMK N 1 Medang Deras tidak layak untuk dijadikan tempat untuk berkegiatan belajar mengajar.


“Setelah kita cek langsung, ternyata akses menuju ke sekolah dari jalur darat sudah tidak bisa lagi. Jembatan penghubung menuju sekolah sudah rusak, dan kelayakan bangunan untuk digunakan sudah tidak memadai,” kata Asren.


Oleh sebab itu dengan mempertimbangkan berbagai kajian untuk meningkatkan mutu pendidikan, kata Asren, Pemprov Sumut berencana akan merelokasi SMK Negeri 1 Medang Deras tersebut ke lokasi bersebelahan SMA Negeri 1 Medang Deras. Tujuannya agar warga sekolah dapat menjalani proses belajar mengajar dengan nyaman dan aman. Karena pembangunan gedung sekolah tidak hanya dengan ketersediaan lahan, tetapi juga harus layak untuk didirikan bangunan. sehingga tidak terjadi permasalahan di belakang hari seperti kondisi bangunan SMK N 1 Medang Deras saat ini.


“Setelah kita lihat, lokasi ini cukup layak untuk relokasi SMK N 1 Medang Deras ke wilayah SMA N 1 Medang Deras,”, kata Asren.


Pihaknya sudah berkoordinasi kepada Kacapdis Wilayah V, kepala sekolah dan guru SMK N 1 Medang Deras, untuk mensosialisasikan ke masyarakat sekitar agar tidak ragu untuk mendaftarkan anaknya bersekolah di SMK N 1 Medang Deras.


“Saya pastikan 2024 akan kita dirikan bangunan relokasi SMK N 1 Medang Deras di lahan sepelataran dengan SMA N 1 Medang Deras,” jelas Asren.(BG/BB)

TRENDINGMore