DAERAHNEWSSUMUT

9.772 Siswa SD Ikut ANBK Dua Tahap

Senin, 30 Oktober 2023, 19:37 WIB
Last Updated 2023-10-30T12:37:06Z

 

Bupati Asahan Surya meninjau dan berbincang dengan siswa di SD Selawan sebelum ANBK dimulai. 


ASAHAN-BERITAGAMBAR :

Sedikitnya 9.772 siswa tingkat SD di Asahan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023, hal ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


Kadis Pendidikan Kab Asahan Supriyanto, melalui Kabid SD Andi Rusada Sitorus, saat berbincang dengan Waspada, Senin (30/10), bahwa ANBK ini diikuti 441 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 9.772 siswa. Untuk jumlah sekolah yang mandiri ada 354 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 8.323. Sedangkan yang menumpang ada 87 sekolah dengan jumlah siswa 1.449 orang. ANBK ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama 23-26 Oktober diikuti sebanyak 296 sekolah, dan tahap kedua 30 Oktoeber -2 November sebanyak 145 sekolah.


“Untuk tahap pertama berjalan dengan lancar, dan sekarang tahap kedua sedang berjalan,” jelas Andi.


Menurut Andi, untuk materi yang diujikan Literasi (membaca), Numerasi (hitungan), Survey Karakter, dan Survey lingkungan belajar. Hal ini dilakukan dalam penilaian terhadap mutu pendidikan dengan melihat input, proses, dan hasil (output), dengan menghasilkan rapor Pendidikan Kab Asahan.


“KIta berharap ANBK ini berjalan dengan lancar dan tanpa ada gangguan,” jelas Andi.


Ditinjau Bupati Dan Wakil Bupati


Untuk memastikan ANBK berjalan dengan baik di Asahan, Bupati Asahan Surya meninjau langsung pelaksanaan ANBK di SD di Kec Teluk Dalam dan Kec Air Batu. Sedangkan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar meninjau SD di kelurahan Siumbut-umbut.


“Peninjauan ini kami lakukan untuk memastikan tidak ada kendala dalam ANBK yang dilaksanakan sekolah. Hasil penilaian kami, pelaksanaan ANBK baik dan lancar tidak ada kendala apapun,” jelas Bupati.


Surya berharap Dinas pendidikan dan sekolah untuk memastikan ANBK ini berjalan sesuai dengan jadwal, dan berpesan kepada para guru untuk lebih mengenal karakter siswa dalam menghasilkan generasi yang berkualitas.


“Saya berharap dari ANBK ini dapat meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka menghasilkan informasi yang akurat guna memperbaiki kualitas belajar dan mengajar dalam rangka membangun kompetensi dan karakter siswa di Kab Asahan,” jelas Surya.(BG/AS)

TRENDINGMore