DAERAHNEWSSUMUT

Jembatan di Palas Rusak Diterjang Banjir, Akses 9 Desa Terputus

Sabtu, 30 Desember 2023, 17:18 WIB
Last Updated 2023-12-30T10:18:52Z

 


PALAS-BERITAGAMBAR :

Satu jembatan penghubung beberapa desa di Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) amblas diterjang luapan air sungai. Akibatnya, akses warga sembilan desa di kecamatan itu terputus.



“Jembatan Sungai Siabu, Desa Batang Bulu Baru, Kecamatan Barumun Selatan putus,” kata Sekretaris BPBD Palas,”ujar Irsan Bakti, Sabtu (30/12).


Irsan mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu pagi. Jembatan itu amblas berawal saat hujan deras mengguyur kawasan setempat hingga air sungai meluap dan mengikis pondasi jembatan.


“Karena hujan deras dan mengikis pondasi jembatan,” ucapnya .


Dia menyebut, akibat kejadian itu, akses warga sembilan desa di sana terganggu. Warga hanya bisa melintas dengan cara memutar arah.



“Sembilan desa terdampak, memamg masih bisa melintas, tapi harus memutar, jaraknya tempuhnya semakin jauh. Biasa kalau dari Desa Harang ke kantor Kecamatan memakan waktu 10 menit, sekarang hampir 1 jam,” jelasnya.



Dalam kesempatan tersebut, Irsan kembali mengingatkan seluruh masyarakat, khususnya yang bermukim di sepanjang bantaran sungai untuk lebih meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana banjir akibat luapan Sungai Aek Siabu agar tidak menimbulkan korban jiwa.


“Musim hujan rentan terjadi meluapnya air sungai sehingga masyarakat harus lebih waspada agar bencana alam tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” katanya.(BG/PAL)


TRENDINGMore