DAERAHNEWSSUMUT

Tim Peneliti Cagar Budaya dari UGM Laksanakan Diseminasi Hasil Laporan Akhir di Kabupaten Pakpak Bharat

Senin, 18 Desember 2023, 18:11 WIB
Last Updated 2023-12-18T11:11:34Z

 

Tim Peneliti Cagar Budaya dari UGM Laksanakan Diseminasi Hasil Laporan Akhir di Kabupaten Pakpak Bharat.

PAKPAKBHARAT-BERITAGAMBAR :

Ketua Tim Peneliti, Mimi Savitri, mengurai tujuan, proses, hasil penelitian Objek Mejan yang ada di beberapa kampung di Kabupaten Pakpak Bharat.


Pentingnya mengetahui kehidupan masa lampau, arti penting dari mejan di tiap kampung yang ada, bagaimana masyarakat memaknai mejan, dan bagaimana kita merefleksikan kehidupan masa depan, serta bagaimana mejan ini dianggap sebagai sebuah kebanggaan dan identitas oleh masyarakat Pakpak. 

Maka hasil penelitian ini kami sajikan untuk memotivasi kita pada masa yang akan datang, jelas Mimi Savitri.


Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, yang hadir mewakili Bupati, menyampaikn apresiasi dan terimakasih bagi Tim Peneliti UGM ini, yang dipandang sebagai sebuah upaya besar dalam pelestarian cagar budaya Pakpak.


Terimakasih sudah mau mengabdikan diri di Kabupaten Pakpak Bharat, meskipun dalam waktu singkat, namun upaya dan dedikasinya, naik turun gunung guna penelitian ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, bagi Kabupaten Pakpak Bharat, ucap Jalan Berutu.


Desiminasi penelitian ini sangatlah penting, sehingga perlu menghadirkan semuanya, Organiasi Perangkat Daerah, tokoh masyarakat, forum anak dan lainnya, guna bisa kita rumuskan apa yang akan kita lakukan sebenarnya tentang mejan ini, termasuk upaya dan metode perawatan yang tepat, serta nilai ekonomi yang mungkin bisa kita dapatkan, jelas dia kemudian.


Mejan bagi masyarakat Pakpak dipandang sebagai sebuah nilai yang sangat tinggi, sakral dan memiliki peran penting dalam kultur dan sejarah Pakpak. Keberadaannya juga erat kaitannya dengan para raja dan pemangku ulayat di tanah Pakpak.


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sendiri memberi perhatian besar bagi keberadaan situs dan objek budaya ini. Salah satunya dengan mendaftarkan objek mejan sebagai warisan budaya Pakpak, melakukan penelitian serta banyak upaya lainnya.(BG/PB)



TRENDINGMore