DAERAHNEWSSUMUT

Kandang Ternak Ayam Terbakar di Galang, Kerugian Capai Rp 700 Juta

Selasa, 16 Januari 2024, 19:17 WIB
Last Updated 2024-01-16T12:17:59Z

 

Kobaran api membakar kandang dan ribuan ayam di dalamnya.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Kandang ternak ayam broiler milik Adi Kusuma (42) yang dijaga dijaga oleh Suprayugo (31) di Dusun III, Desa Bandar Kuala, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang ludes terbakar, Selasa (16/1/2024).


Dalam kejadian ini tidak ada korban luka atau meninggal dunia, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 700 jutaan. Kerugian itu ditaksir dari kandang, peralatan dan ribuan ekor ayam yang terbakar.


 Saat kejadian, Suprayugo sedang makan siang di rumahnya yang berjarak sekitar 200 meter dari kandang. Tiba-tiba tetangganya memberikan kabar kalau kandang ayam yang dijaganya terbakar.


Ia pun langsung berlari melihat kandang yang sudah separuh terbakar. Bersamaan Adi Kusuma pemilik peternakan ayam juga tiba di lokasi dan melihat ternak ayam miliknya dalam keadaan terbakar.


Pemilik dan pekerja ternak ayam berusaha memadamkan kobaran api dengan cara menyiramkan air. Namun api dengan cepat membesar dan akhirnya membakar seluruh bagian kandang.


Satu jam kemudian petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan memadamkan api yang sudah menghanguskan seluruh bangunan kandang terbuat dari kayu dan atap nipah berikut dengan isinya.


Menurut keterangan saksi, api diduga akibat dari korsleting listrik. Api makin cepat berkobar dikarenakan adanya 50 tabung gas subsidi yang tersebar di seluruh sisi kandang sebagai bahan bakar pemanas di kandang ayam.


“Kandang ayam ludes terbakar diduga akibat korsleting arus listrik. Tidak ada yang terselamatkan. Bangunan rata dengan tanah,” ujar Rahmat salah seorang warga.(BG/DS)

TRENDINGMore