DAERAHNEWSSUMUT

Tim Saber Pungli Poldasu OTT Oknum Anggota KPU Padangsidimpuan

Sabtu, 27 Januari 2024, 11:56 WIB
Last Updated 2024-01-27T04:56:52Z

 

Tim Saber Pungli Ditreskrimum Polda Sumut melakukan OTT terhadap oknum Komisioner KPU Padangsidimpuan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Seorang oknum anggota Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan berinisial PH, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Ditreskrimum Polda Sumut, di salah satu cafe yang berada di Padangsidimpuan, Sabtu (27/1/2024) dini hari.


“Kita lakukan OTT saat itu PH sedang melakukan pembagian uang diduga dari hasil dugaan tindak pidana hasil pemerasan,” sebut Direktur Ditreskrimum Polda Sumut Kombes Pol Sumaryono.


Sesuai hasil pemeriksaan sementara, kata Sumaryono, motif PH meminta uang kepada para Caleg dengan iming-iming memberikan suara pada Pemilu nanti. “Masih dilakukan pemeriksaan,” sambung dia.


Saat ini, lanjut Sumaryono, penyidik masih melakukan pendalaman untuk menetapkan status PH sebagai tersangka. “(Kalau statusnya) nanti kalau ada perkembangan saya kabari, anggota masih kerja,” ucapnya.


Saat dilakukan OTT, sambung dia, tim yang dipimpin AKBP Musa P Tampubolon, Kompol Bayu Putra Samara, AKBP Syahrul Rambe menyita barang bukti dari oknum PH uang sebesar Rp25 juta. “Ada juga barang bukti lainnya,” ujar dia. 


Ketua KPU Sumut, Agus Arifin membenarkan OTT tersebut. “Ya, ada penangkapan anggota KPU yang dilakukan oleh Polda,” ujar Agus Arifin.


Baca juga: Terkait OTT Komisioner Bawaslu Medan, Oknum Bacaleg dari PKN Turut Diperiksa

Menurut Agus Arifin, anggota KPU yang ditangkap merupakan Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat di KPU Padangsidimpuan.


“Yang ditangkap adalah anggota KPU Padang Sidempuan yang menjabat sebagai Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat,” tambahnya.


Saat ini, KPU Padangsidimpuan sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk menangani kasus ini.


“Mereka sedang berkoordinasi dengan Polres setempat,” tutup Agus. (BG/PSP)

TRENDINGMore