DAERAHNEWSSUMUT

InJourney Siap Gelar F1H20 di Balige, Danau Toba

Jumat, 23 Februari 2024, 11:55 WIB
Last Updated 2024-02-23T04:55:24Z


MEDAN-BERITAGAMBAR :

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata gelar jumpa pers dan influencer di Pos Bloc Kota Medan terkait akan segera menggelar kembali ajang balap perahu motor internasional F1 Powerboat atau F1H20 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara, setelah sebelumnya Kejuaraan Dunia F1 Powerboat berlangsung pada 24-26 Februari 2023.


Sesuai jadwal, balapan perahu motor bertaraf internasional itu akan berlangsung pada 2-3 Maret 2024. Kompetisi yang diikuti sebanyak 18 pembalap internasional dari 10 negara ini diyakini bakal berdampak positif terhadap pembangunan Danau Toba.


Dijelaskan bersamaan dengan kejuaraan f1 power boat ini diselenggarakan juga kejuaraan AIC atau Aquabike Indonesia Championship dan solu bolon di tempat yang sama kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney Maya Watono.


AIC merupakan Kejuaraan Nasional Aquabike yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam rangka pembinaan atlet jetski lokal.


Dalam ajang ini akan digelar dua kategori, yakni endurance dan paralel slalom yang akan diikuti sekitar 20 pembalap nasional.


Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaik mereka demi menggapai harapan bisa berlaga di kejuaraan internasional di lokasi yang sama.


Perputaran uang dalam event F1 Powerboat Danau Toba tahun ini ditargetkan mencapai Rp 500 miliar. Nilai ini diharapkan lebih tinggi dibanding periode sebelumnya.


“Adanya event ini dampak ekonominya luar biasa. Tahun lalu sekitar Rp 391 miliar sekarang kita harap Rp 500 miliar dan dampak jangka panjangnya itu bisa Rp 1,7 triliun,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, Kamis (22/2/2024).


Maya menyebutkan bahwa pihak penyelenggara juga menyediakan lokasi untuk para pelaku UMKM khususnya UMKM lokal. “Kita sediakan untuk lebih dari 60 UMKM dan juga saat ini terus terdaftar ya tapi pastinya lebih dari 60 UMKM,” ujarnya.


“Kali ini kebutuhan untuk event skala PowerBoat ini luar biasa, jadi nanti ada crane yang menurunkan boat ke danau dan di Balige sangat siap. Kita harus melakukan yang terbaik,” tambah Maya.


Penjualan tiket telah dibuka pada 19 Februari 2024, terpantau ketersediaan tiket mulai menipis. Dengan berbagai ragam acara seperti festival budaya dan UMKM, konser musik dengan band papan atas, serta adanya kompetisi Aquabike Indonesia Championship dan kompetisi Solu Bolon rupanya antusias masyarakat kian bertambah.


Untuk masyarakat yang ingin menonton, tiket masih bisa dibeli secara online dan secara offline di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Toba mulai 27 Februari 2024. Tiket F1 Powerboat Danau Toba dibagi atas tiga kategori yakni Festival dengan harga Rp200.000, Grandstand A seharga Rp500.000, dan Grandstand B seharga Rp500.000.(BG/EDS).

TRENDINGMore