NEWSPERTANIANSUMUT

Panen Padi, Pj Gubsu Hassanudin: Stok Beras Sumut Aman Tapi Harga Masih Tingg

Selasa, 27 Februari 2024, 22:41 WIB
Last Updated 2024-02-27T15:41:20Z
 Pj Gubsu Hassanudin dan Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar panen padi sawah di Desa Wonosari, Tanjung Morawa, Deli Serdang.



DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, memastikan stok beras di Sumut aman di tengah masih tingginya harga beras di pasaran.



Stok beras aman disampaikan Pj Gubsu Hassanudin saat panen padi sawah di Desa Wonosari, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (27/2/2024).


“Sumut secara data kita tercukupi dan surplus ketersediaan pangan, sehingga waktu tanam kita tepat waktu, panen pun sekarang bisa terlaksana,” kata Pj Gubsu Hassanudin.



Didampingi Bupati Deli Serdang, Muhammad Ali Yusuf Siregar, Pj Gubsu Hassanudin berharap stok beras yang aman itu, dapat meredam tingginya harga beras di pasaran.



Pj Gubsu Hassanudin juga mengajak para kepala daerah di Sumut untuk melakukan antisipasi. “Saya ajak kepala daerah melaksanakan dan monitoring ketersediaan bagaimana agar stok pangan terkendali,” kata Hassanudin.


Dalam upaya stabilisasi harga dan ketersediaan pangan di masyarakat, kata Hassanudin, ia mengatakan Pemprov Sumut melakukan berbagai intervensi, mulai dari menyiapkan pasar murah, hingga bersinergi dengan pihak terkait mengawal dan mengawasi jalur distribusi.


Ia tak menampik ketersediaan beras nasional terguncang menyusul terjadinya badai elnino. Ia menambahkan Pemerintah Pusat telah memprediksi bulan Januari-Maret 2024 stok beras akan terganggu.


Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar mengatakan panen tersebut dapat menjadi bukti ketersediaan pangan di Sumut, secara umum aman. Selain itu, menurutnya, Deli Serdang merupakan salah satu penyumbang bahan pangan yang cukup besar di Sumut.



“Deli serdang merupakan salah satu tulang punggung pangan di Sumut, Deli Serdang memiliki luas sawah sebesar 30.546 hektar dengan total produksi padi sekitar 533 ribu ton setahun, Deli Serdang ini memberikan kontribusi pertanian dan menjadikan kabupaten ini lumbung pangan di Sumut,” kata Yusuf.(BG/SER)

TRENDINGMore