NEWSPERISTIWASUMUT

Polsek Simpang Empat Cegah Wisatawan Rusia Mau Mendaki Gunung Sinabung

Sabtu, 24 Februari 2024, 18:37 WIB
Last Updated 2024-02-24T11:37:26Z
Petugas memberikan himbauan pada wisatawan Rusia agar tak mendaki Gunung Sinabung.


KARO-BERITAGAMBAR :


Menerima informasi adanya wisatawan asing yang hendak mendaki Gunung Sinabung, Polsek Simpang Empat jajaran Polres Tanah Karo bersama Koramil 04/SP langsung melakukan upaya pencarian untuk pencegahan.


Kapolsek Simpang Empat. AKP Dedy Syahputra Ginting, Sabtu (24/2/2024) menuturkan, wisatawan asing sebanyak 3 orang itu merupakan warga negara Rusia, yakni Fasha (42), Timofei Zalnein (42) dan Alexander Voronkov (49).


Ketiganya ditemukan di tepian Danau Lau Kawar, tepatnya di View Puncak Lau Kawar yang dikelola Tokyo Karo Sekali, pada Jumat (23/4/2024) sekira pukul 12.30 WIB, saat hendak melakukan persiapan pendakian.



“Sebelumnya kita terima informasi adanya 3 orang warga negara Rusia mengendarai mobil Daihatsu warna hitam akan melakukan pendakian ke Gunung Sinabung. Sehingga langsung dilakukan pencarian dan ditemukan ketiganya di View Puncak Lah Kawar dalam keadaan sehat,” kata Kapolsek.


Dalam pencarian tersebut, Kapolsek bersama anggota sempat melakukan pencaharian ke berbagai jalur akses yang dapat melakukan pendakian Gunung Sinabung di antaranya Jalur Desa Kota Tonggal, Desa Sukanalu dan Desa Sigarang garang, hingga akhirnya diperoleh informasi kendaraan diduga yang digunakan wisatawan asing itu ditemukan terparkir di pinggir jalan sekitar Lapangan Parkir Danau Lau Kawar.


Pasca ditemukan dan dari hasil wawancara, ketiganya tinggal di salah satu penginapan home stay di Berastagi. Mereka memang berencana melakukan pendakian ke puncak Gunung Sinabung, walaupun sudah diingatkan oleh pemilik penginapan untuk tidak melakukan pendakian.


“Kita bersyukur wisatawan itu belum sempat melakukan pendakian, karena ini sangat berbahaya mengingat status Gunung Sinabung yang masih aktif,” sebut Dedy.


Kapolsek bersama anggota lalu memberikan pemahaman kepada ketiga wisatawan asing tersebut untuk tidak melakukan pendakian. Termasuk mengarahkan ketiganya untuk meninggalkan lokasi zona merah dan kembali ke penginapan.


Terkait status gunung yang masih aktif, Dedy memberikan himbauan pada masyarakat untuk tidak mendatangi kawasan zona merah Gunung Sinabung.


“Hindari kawasan zona merah, kita tidak tahu kapan gunung itu Meletus dan sewaktu waktu dapat terjadi, sehingga bisa berakibat fatal bagi orang di sekitarnya,” tutup Kapolsek. (BG/TK)

TRENDINGMore