DAERAHNEWSSUMUT

Berkah Ramadhan, Petani Semangka di Langkat Raih Untung Lumayan

Minggu, 17 Maret 2024, 19:38 WIB
Last Updated 2024-03-17T12:38:09Z

 

Petani sedang memanen semangka di Stabat Kabupaten Langkat saat bulan Ramadhan. 




LANGKAT-BERITAGAMBAR :


Bulan puasa Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi para petani di Kelurahan Perdamaian Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat.


Meskipun cuaca setiap harinya panas terik namun panen buah semangka mereka cukup berlimpah. Selain itu, hasil panen mereka dibayar dengan nilai yang lumayan oleh agen buah.


Seperti halnya Ita (56), petani semangka yang sedang memanen semangka di ladangnya, Minggu (17/3/2024). Panen di hari ini lebih dari 3 ton semangka yang laku terjual.


Teriknya sinar matahari tak lagi dihiraukan wanita paruh baya ini. Dengan cekatan, ia menimbang dan menyortir buah yang banyak mengandung air itu sesuai dengan kelas mutunya.


“Untuk panen pertama kemarin sebelum puasa, dapat lah 3 ton lebih dari ladang seluas satu hektare ini. Nah untuk hari ini, sepertinya sudah lebih juga nih 3 ton. Karena tadi ada juga yang sudah dilansir keluar sama agen,” kata Ita sembari menimbangi hasil panennya.


Di bulan puasa tahun ini, agen buah lokal membandrol hasil panen Ita dengan nilai yang cukup lumayan. Untuk buah yang bagus, agen membeli buah di ladang itu dengan harga Rp7 ribu per kilogramnya.


“Kalau harga, ya lumayan tinggi lah. Untuk berat di atas 4 kilogram, agen membayar Rp7 ribu per kilogramnya. Kalau buah di bawah 4 kilogram, ya gak segitu lah harganya dari agen,” tutur Ita.


Di lahan yang dikelola Ita dan suaminya itu, terdapat 3 jenis semangka yang mereka tanam. Seperti semangka biji, non biji dan semangka golden. Masing- masing varietas tersebut, juga memiliki harga yang bervariasi.


Untuk permintaan buah semangka selama puasa cukup tinggi. Sehari hari ada saja orang yang datang membeli buah semangka di ladangnya.


“Kalau panen besar seperti hari ini, agen yang langsung datang ke ladang bawa pick up untuk beli hasil panen,” tambah Ita.(BG/LKT)


TRENDINGMore