DAERAHEKONOMINEWSSUMUT

Jamin Pasokan Daging di Sumut Jelang Idulfitri, Sapi Australia Tiba di Pelabuhan Belawan

Rabu, 27 Maret 2024, 02:01 WIB
Last Updated 2024-03-27T03:02:41Z

 

Hewan Ternak sapi diturunkan dari kapal menuju masuk ke truk pengangkut sapi di Pelabuhan Belawan. Sapi Australia didatangkan guna persediaan daging selama Ramadan dan menjelang Idulfitri 1445 H di Sumatera Utara.



MEDAN-BERITAGAMBAR :

Sebanyak 6.000 ekor sapi dari Australia tiba bertahap di Pelabuhan Belawan, Kota Medan. Sapi yang didatangkan dari negeri kangguru itu untuk menjaga stok daging hingga menjelang Idulfitri 1445 Hijriah di Sumatera Utara.


Sebanyak 2.393 ekor sapi impor asal Australia tiba di dermaga Pelabuhan Belawan diangkut mengunakan Kapal Brahman Expres.


Sesampainya seluruh sapi di Pelabuhan Belawan, langsung dibongkar dengan sistem truck lossing dari atas kapal pengangkut hewan ke dalam truk yang sudah dimodifikasi khusus angkut sapi.


Sebelumnya, petugas Bea Cukai dan Karantina Hewan memeriksa kelengkapan surat kepabeanan dan kondisi kesehatan hewan yang diangkut mengunakan jasa angkutan laut.


Humas PT Pelindo Multi Terminal, Farid Chairmawan mengatakan, tahap pertama pembongkaran sapi impor asal Australia sebanyak 2.393 ekor dan akan kembali lagi dua kapal lagi membawa sapi April 2024.


“Sebelum sapi Australia itu dipasarkan, seluruh sapi akan dikarantina selama sepuluh hari, lalu didistribusikan ke sejumlah kota di Sumatera Utara,” ujar Farid.


Hewan ternak tersebut sengaja dipesan oleh salah satu perusahaan untuk menjaga kestabilan harga daging sapi yang diprediksi meningkat harganya menjelang Idulfitri 1445 Hijriah.(BG/MED)

TRENDINGMore