MEDANNEWSUMUM

Jelang Ramadhan, Peziarah Padati Pemakaman Umum Jalan Halat Medan

Minggu, 10 Maret 2024, 16:33 WIB
Last Updated 2024-03-10T09:33:44Z

 

Suasana pemakaman umum di Jalan Halat menjelang ramadhan. 



MEDAN-BERITAGAMBAR :


Para masyarakat yang melakukan ziarah kubur jelang bulan Ramadhan semakin ramai mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Halat, Minggu (10/3/2024).


Ziarah kubur memang kerap dilakukan para umat muslim jelang memasuki bulan Ramadhan setiap tahunnya guna mengunjungi makam keluarga dan kerabat.


Pantauan Mistar.id di lokasi, para peziarah ramai terlihat siang ini di pemakaman umum Jalan Halat. Hal ini diprediksi akan terus berlangsung hingga sore ini, karena diprediksi kuat pada esok hari bagi beberapa pihak sudah mulai memasuki rangkaian ibadah puasa.



Tak hanya peziarah, para penjual bunga ziarah juga terlihat ramai di pinggir jalan Halat. Begitu pula dengan masyarakat yang menyediakan lahan parkir untuk para peziarah juga banyak ditemui di sekitar lokasi.


Warga sekitar, Supirman mengatakan hal ini wajar ditemukan setiap tahunnya di pemakaman Jalan Halat. Menurutnya hari ini merupakan puncak dari tradisi ziarah kubur.


“Iya kalau di Halat ini kan termasuk salah satu yang terbesar pemakaman umumnya, mungkin ada ribuan makam disini. Jadi biasa semakin dekat bulan puasa makin ramai,” ujarnya kepada Mistar.id.


Dia pun memperkirakan hari ini puncak keramaian berziarah di Pemakaman, mengingat besok sudah ada Umat Muslim yang mulai berpuasa 1 Ramadhan 1445 Hijriah.


“Kalau dilihat karena besok mungkin jamaah Muhammadiyah kan sudah mulai puasa, jadi mungkin besok masih ada yang ziarah, tapi tak seramai hari ini, karena inikan juga pas akhir pekan, jadi kemungkinan hari ini puncaknya,” ucapnya.


Selain itu, salah satu peziarah, Miah mengatakan selalu rutin melakukan ziarah kubur setiap tahunnya jelang bulan Ramadhan.


“Kalau saya ya setiap tahun ziarah, disini banyak, ada makam kakek, ayah, nenek dan keluarga lain juga dimakamkan disini, jadi sekalian semua diziarahi,” pungkasnya.(BG/MED)



TRENDINGMore