DAERAHNEWSSUMUT

Kapolsek Harian Berhasil Mediasi Pengerusakan Jalan ke Lahan Pertanian

Selasa, 19 Maret 2024, 15:36 WIB
Last Updated 2024-03-19T08:42:47Z

 

Kapolsek Harian AKP Efendi Abas, berhasil mediasi pengerusakan jalan pertanian di Desa Hariarapintu

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kapolsek Harian resor  Samosir AKP Efendi Abas, berhasil memimpin proses mediasi untuk menyelesaikan masalah pengerusakan jalan menuju lokasi pertanian di Kantor Desa Hariarapintu Kecamatan Harian, Selasa (19/3/2024).


Tampak hadir Kasi PMD Kecamatan Harian, personil Koramil 04 HB, Plt Kepala Desa Hariarapintu, BPD Desa Hariarapintu, serta pihak yang dilaporkan SS dan pelapor TS, IP, AP. 


Mediasi ini dilatarbelakangi oleh surat dari pihak pelapor yang mengungkapkan adanya pengrusakan jalan penghubung perladangan di Dusun III Desa Hariarapintu. 


Dalam mediasi tersebut, AKP Efendi Abas menggarisbawahi pentingnya mencari solusi bersama untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk mencari siapa yang salah. Serda Nainggolan juga menekankan rasa kekeluargaan dalam mencari solusi terbaik.


Pihak pelapor TS, IP dan AP mengungkapkan keluhannya terkait pengelolaan lahan pertanian yang terganggu akibat pengrusakan jalan, sementara pihak yang dilaporkan menjelaskan konteks dan pemikiran di balik tindakan tersebut. 


Melalui diskusi dan pencocokan gambar serta peta lokasi, akhirnya semua pihak mengakui bahwa jalan tersebut merupakan milik dari pihak yang dilaporkan (SS) 


Dalam akhir mediasi, pihak yang dilaporkan (SS) memenuhi permohonan pihak pelapor (TS, IP, AP) untuk membuka kembali jalan yang telah dirusak. Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan membuat berita acara mediasi.


Kapolsek Harian AKP Efendi Abas, menyampaikan  jalan yang bersangkutan akan dikembalikan fungsinya sebagai jalan menuju lokasi pertanian warga, bukan dijadikan lahan pertanian. 


Hal ini menunjukkan keberhasilan mediasi dalam menyelesaikan konflik dengan pendekatan yang mengutamakan rasa keadilan dan kekeluargaan di tengah masyarakat.(BG/VM)

TRENDINGMore