NEWSPERTANIANSUMUT

Koptan Dalanta Merpulung Panen Bawang Merah Varietas Batu Ijo

Senin, 11 Maret 2024, 18:53 WIB
Last Updated 2024-03-11T11:53:44Z
Panen bawang merah varietas batu ijo milik Rinto Boangmanalu.


PAKPAKBHARAT-BERITAGAMBAR :

Ini dia, panen bawang merah varietas batu ijo milik Rinto Boangmanalu, salah satu anggota Kelompok Tani (Koptan) Dalanta Merpulung, Dusun Sosor, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak.


Bawang Merah varietas batu ijo ini merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tahun 2023, guna mendorong ketersediaan pangan di Kabupaten Pakpak Bharat.


Bersyukur sekali pak, masih bisa kita panen begini, hasilnya cukup bagus mengingat bulan desember kemarin kita hadapi cuaca yang kurang mendukung, hujan hampir tiap hari, ucap Rinto Boangmanalu.


Bagaimana tidak, dengan total bibit 200 kg di lahan seluas 800 m persegu, dia mampu meraup hasil panen hampir 1 Ton. 


Rinto Boangmanalu tidak lupa menitipkan terimakasih kepada Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor atas program-program pertanian yang disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.


Sementara itu Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, mengatakan bahwa tanaman bawang adalah salah satu tanaman yang cocok dengan kultur tanah di Pakpak Bharat.


Ini terbukti banyak petani kita yang berhasil dengan program pengembangan bawang merah ini, ucap dia.


Adei Johan berpesan agar para petani yang sudah sukses panen bawang tidak menjual semua hasil panen mereka.


Bisa disisakan sebagian hasil panen untuk menjadi bibit yang bisa ditanam kembali nantinya, sehingga kegiatan pertanaman bawang ini bisa berkelanjutan, harap dia.(BG/PB)

TRENDINGMore