DAERAHNEWSSUMUT

Pemkot Medan Gelar Mudik Gratis Tujuan 12 Kota, Dibuka 18-22 Maret

Kamis, 14 Maret 2024, 19:26 WIB
Last Updated 2024-03-14T12:26:38Z

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait program Mudik Bareng Gratis 2024 Pemko Medan.



MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan kembali menggelar Mudik Gratis 2024 melayani 12 kota tujuan di Provinsi Sumatera Utara.


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Iswar Lubis, Kamis (14/3/2024) mengatakan, program mudik gratis Pemko Medan di tahun 2024 ini sebagai wujud kepedulian Wali Kota Bobby Nasution kepada masyarakat Kota Medan yang sudah lama merindukan kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga.


Dalam Mudik Bareng Gratis Pemko Medan 2024 ini, katanya, Dishub Kota Medan akan menyediakan sebanyak 179 bus yang terdiri dari bus besar dan bus sedang dengan kuota sebanyak 6.000 penumpang.



“Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.30-14.00 WIB. Saya tegaskan, pendaftaran tidak bisa dilakukan secara online. Jadi bagi masyarakat yang ingin ikut Mudik Bareng Pemko Medan harus datang langsung untuk mendaftar,” ucap Iswar.


Pendaftaran Mudik Gratis 2024 akan dibuka mulai 18-22 Maret 2024 di 3 titik, yakni Kantor Dishub Jalan Pinang Baris, Taman Ahmad Yani dan PKB Amplas.



Iswar mengatakan, ditiadakannya pendaftaran online berangkat dari pengalaman yang lalu, di mana terdapat data-data penumpang yang double sehingga membuat kuota menjadi berkurang.


“Seperti tahun lalu, jumlah penumpang yang double itu mencapai 1.200 penumpang. Kondisi itu yang ingin kita minimalisir sehingga pendaftaran secara online kita tiadakan. Kita juga menyarankan masyarakat untuk bisa mendaftar secara kolektif. Hal ini untuk mempermudah kita dalam menentukan bus tujuannya nanti saat pemberangkatan,” katanya.


Setelah melakukan pendaftaran, kata Iswar, pihaknya akan melakukan verifikasi penumpang terlebih dahulu sebelum akhirnya membagikan tiket di Taman Ahmad Yani pada 25-27 Maret 2024 mulai pukul 09.00-15.00 WIB.


“Untuk lokasi pemberangkatan masih sama seperti tahun lalu, yakni di Jalan Masjid Raya pada 6-8 April 2024. Rutenya juga masih sama yakni, Medan - Pak Pak Barat, Medan - Sidikalang, Medan - Tarutung, Medan - Sibolga, Medan - Rantau Prapat, Medan - Kota Pinang, Medan - Sibuhuan, Medan, Gunung Tua, Medan - Sipirok, Medan - Natal, Medan - Payanbungan dan Medan - P.Sidimpuan,” ucapnya.


Dalam pemberangkatan nanti, sambung Iswar, pihaknya juga menyiapkan snack, makan malam, bingkisan Lebaran serta kaos Mudik Bareng Pemko Medan.


“Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan program Mudik Bareng Pemko Medan ini untuk berlebaran dengan keluarga di kampung halaman. Kami juga memastikan bahwa kegiatan ini tidak ada calo, bagi masyarakat yang ingin mendaftar silahkan untuk datang langsung,” pungkasnya.(BG/MED)





TRENDINGMore