DAERAHNEWSSUMUT

ASN Pemkab Dairi Keluhkan TPP yang Tak Kunjung Cair

Senin, 01 April 2024, 19:29 WIB
Last Updated 2024-04-01T12:29:08Z
ASN Pemkab Dairi Keluhkan TPP yang Tak Kunjung Cair.


DAIRI-BERITAGAMBAR:

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi, Sumatera Utara, mulai mengeluh dan resah lantaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) mereka tak kunjung cair.


“Tak tau lagi mau bilang gimana. Gaji saja sudah tidak seberapa kita terima, sehubungan ada potong pinjaman. Biaya hidup tinggi, belum lagi kebutuhan anak-anak di sekolah sudah menuntut,” kata salah seorang ASN yang tidak mau disebutkan namanya, Senin (1/4/2024).


Selain gaji, para ASN tersebut mengaku bahwa TPP sangat diharapkan untuk membantu perekonomian mereka.


“Tapi sudah bulan April, tak kunjung cair. Dan keluhan ini merata dirasakan para ASN,” imbuhnya.



Bendahara Kas Daerah, Eriko Sihombing, ketika dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, sampai saat ini belum ada surat persetujuan pembayaran TPP dari Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala).


“Jadi, belum ada pencairan,” kata Eriko sambil mengarahkan agar menanyakan hal ini ke Bagian Ortala.


Sementara itu, Kepala Bagian Ortala Seketariat Daerah (Setda) Dairi, Bernad Naibaho, mengatakan pihaknya masih menunggu persetujuan dari Kemendagri c/q Bina Keuangan Daerah.


“Setiap pembayaran TPP wajib ada persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri atau Ditjen Bina Keuangan Daerah. Tapi [ini] sedang proses. Karena harus ada verifikasi setiap kriteria pemberian TPP masing-masing jabatan oleh Biro Ortala Setjen Kemendagri. Dan hasil verifikasinya sudah terbit, dengan dasar itulah maka lanjut proses ke Bina Keuangan Daerah,” jelas Bernad.


Ditanya soal kendala TPP belum dIcairkan. Bernad membenarkan informasi yang diperoleh Mistar.


“Saat ini proses persetujuan tinggal dari Bina Keungan Daerah, dan tidak ada lagi kendala,” katanya. (BG/DA)

TRENDINGMore