NASIONALNEWSOLAHRAGA

Piala Asia U-23 2024 Skor Irak vs Indonesia Piala Asia U-23: Garuda Muda Kalah 2-1

Jumat, 03 Mei 2024, 07:43 WIB
Last Updated 2024-05-03T00:43:49Z

 

Skor Indonesia vs Irak Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23 2024.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Garuda Muda telah menuntaskan laga perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 2024 melawan Irak pada Kamis (2/5/2024). Indonesia kalah dan kesempatan ke Olimpiade semakin menipis!


Laga Irak vs Indonesia berakhir dengan skor 2-1. Singa Mesopotamia meraih kemenangan usai menjebol gawang Indonesia di babak perpanjangan waktu.


Selama jalannya pertandingan, Indonesia maupun Irak bermain cukup imbang. Meski begitu, pemain Irak sudah mampu menembus pertahanan Garuda Muda di awal pertandingan.



Irak mendapat peluang di menit ke-5. Namun, tendangan Muntadher Mohammed yang lemah sangat mudah diantisipasi oleh Ernando Ari.


Pelanggaran pemain Irak terhadap Rio Fahmi menghasilkan tendangan bebas bagi Indonesia. Marselino sebagai eksekutor melancarkan bola mendatar.



Sayang, kecepatannya begitu lemah sehingga mudah bagi kiper Hussein Hasan melakukan penyelamatan.


Beberapa kali gawang yang dijaga Ernando Ari hampir kecolongan akibat tembakan tim Radhi Shenaishil.


Di menit ke-18, Indonesia mendapat tendangan penjuru. Witan mengoper ke Nathan, bola kembali kepadanya. Pemain bernomor 8 itu kemudian langsung melakukan shooting.


Bola disundul menjauh oleh pemain Irak. Ivar Jenner menerimanya dengan baik dan langsung melancarkan tembakan.


Gol! Tendangan Jenner yang menyusup lini pertahanan Irak membobol gawang Hussein Hasan. Indonesia unggul sementara 1-0.


Sempat tertinggal, Muntadher Mohammed Cs mampu membalikkan keadaan. Tendangan sudut yang ia lakukan harus ditepis oleh Ernando. Hanya saja, tepisannya tidak sempurna.


Zaid Tahseen menyundul bola. Ernando yang sudah tak berada di posisinya tak mampu menyelamatkan gawang. Gol untuk Irak pada menit ke-27.


Sempat ada pertimbangan melalui pantauan VAR apakah gol Irak perlu dianulir. Namun, wasit memutuskan gol bagi pasukan Singa Mesopotamia. Skor imbang 1-1 dalam kurun waktu yang begitu cepat.


Di penghujung first half, Indonesia maupun Irak belum menambah perolehan angka.


Crossing yang berkali-kali dilancarkan Irak kian menghantui gawang Indonesia. Garuda Muda yang mengalami kebobolan seolah temaram kobaran semangatnya.


Babak pertama ditutup dengan skor imbang 1-1.


Beralih ke babak kedua, penguasaan bola sedikit didominasi oleh pasukan Garuda. Hanya saja, pemain Irak sangat leluasa dalam melancarkan serangan.


Di sisi lain, Hubner dkk. belum mampu sepenuhnya menembus dinding pertahanan lawan. Mereka cepat mencuri bola, tetapi cepat pula terlepas dari cengkeraman.


Hingga di menit ke-71, Indonesia hampir mengubah perolehan angka. Lemparan ke dalam dilakukan oleh Arhan. Bola berputar-putar di area tengah gawang Irak.


Kelly yang mengambil posisi langsung melakukan shooting. Bola masih melesat di atas mistar.


Irak sigap melakukan serangan balik. Ernando yang terlalu maju sudah seharusnya gagal menangkap bola.


Detik-detik gol kedua bagi Singa Mesopotamia di menit ke-72. Namun, siapa sangka Nathan melesat secepat kilat.


Bola gagal masuk ke ke gawang Indonesia. Penyelamatan dramatis dari Tjoe-A-On.


Pertahanan Indonesia kian digempur Irak. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, skor stagnan 1-1.


Memasuki extra time, tim Radhi Shenaishi semakin gacor. Pada akhirnya, usaha pemain Irak dalam menggempur pertahanan Indonesia membuahkan hasil.


Minim penjagaan, Jasim Ali menggiring bola menuju gawang Indonesia. Ernando sudah bersiap-siap, tetapi tembakan Ali Jasim tak bisa dibendung.


Gol bagi Irak di menit ke-96. Singa Mesopotamia unggul 2-1 atas Garuda Muda.


Hubner dkk. yang tertinggal gagal menemukan celah untuk menyamakan angka. 15 menit pertama extra time tuntas dengan ketertinggalan Indonesia.


Awal 15 menit kedua di perpanjangan waktu, Irak beberapa kali melakukan pergantian pemain. Pasukan Merah Putih mencoba untuk membangun serangan, tetapi celah itu masih belum tampak.


Berharap menyamakan angka untuk melanjut ke adu penalti, peluit panjang telah dibunyikan wasit. Perjalanan Indonesia di Piala Asia U-23 harus terhenti di posisi keempat.


Kemenangan Irak malam ini lantas memastikannya melenggang ke Olimpiade 2024 pada Juli mendatang. Di sisi lain, Indonesia harus menjalani play-off melawan Guinea jika hendak terbang ke Paris.


Usai laga Irak vs Indonesia, Jepang dan Uzbekistan akan berlaga untuk memperebutkan titel juara Piala Asia U-23 2024. Babak final keduanya berlangsung pada Jumat (3/5/2024) di Stadion Jassim bin Hammad, Doha, Qatar.


Susunan Pemain


Irak: Hussein Hasan, Baiz Al Imam, Hasan Al Reeshawee, Tahseen Hantoosh, Jasim Elaibi, Azad Klouri, Nihad Mohammed, Muntadher Mohammed, Karrar Mohammed, Mustafa Saadoon, Ridha Fadhil,


Indonesia: Ernando Ari, Ilham Rio, Pratama Arhan, Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Jeam Kelly Sroyer, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick.(BG/NET)


TRENDINGMore