DAERAHNEWSSUMUT

Desa Tanjung Rejo, Wakili Deliserdang Ikuti Lomba Desa Binaan Sumut 2024

Rabu, 05 Juni 2024, 06:24 WIB
Last Updated 2024-06-04T23:24:53Z
Pj Bupati Deli Serdang, Wiriya Alrahman meninjau hasil kebun Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan yang menjadi perwakilan Kabupaten Deli Serdang mengikuti Lomba Desa Binaan tingkat Sumut. 


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan menjadi perwakilan Kabupaten Deli Serdang mengikuti lomba desa binaan tingkat Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024.


Lomba Desa Binaan tersebut merupakan salah satu program nasional yang dilaksanakan berdasarkan Permendagri nomor 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.


“Dengan begini, desa akan semakin terpacu untuk mengembangankan berbagai potensi yang ada,” kata Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Wiriya Alrahman bersama Pj Ketua TP PKK Deli Serdang, Ismiralda Wiriya Alrahman saat menyambut kedatangan Tim Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Sumut di Kantor Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (4/6/2024).


Wiriya juga meminta agar perlombaan tersebut tidak hanya bentuk penilaian, tetapi juga menjadi pembinaan terhadap penyelenggaraan dan pelayaan desa.


Tujuannya untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki, serta menjadi sarana untuk memperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan di waktu mendatang.


Sementara itu, Ketua Tim Penilai Desa Binaan yang juga Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut, Putra Landri mengatakan penilaian yang dilakukan menekankan kemajuan di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan.


“Penyelenggaraan pemerintahan dijadikan prioritas dan komitmen dalam upaya menghadirkan negara di tengah masyarakat. Maksud penilaian ini untuk menentukan pencapaian hasil evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Serta untuk mengetahui efektivitas dan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” papar Putra.


Selanjutnya, tambah Putra, hasil evaluasi akan menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa akan datang. (BG/DS)

TRENDINGMore