DAERAHNEWSSUMUT

DKPP Siantar Tingkatkan Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

Jumat, 07 Juni 2024, 17:27 WIB
Last Updated 2024-06-07T10:27:55Z
Kepala Bidang Perikanan dan Peternakan, Benny Sirait.


PEMATANGSIANTAR-BERITAGAMBAR :

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Pematangsiantar menjadi salah satu pihak yang berperan penting dalam pengawasan ternak terkait dengan hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1445 H/2024 M.


Melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Peternakan, Benny Sirait, Jumat (7/6/2024) mengatakan, telah dilakukan persiapan dan estimasi stok serta pengawasan hewan kurban.


“Kita akan mengawasi lalu lintas ternak yang keluar masuk Kota Pematangsiantar, yaitu Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” ujarnya.


Benny menerangkan, secara khusus untuk menghindari kemungkinan risiko penularan zoonosis diperlukan optimalisasi penanganan awal dan pengawasan teknis kesehatan hewan.


“Sehari sebelum pemotongan tim medik dan paramedik dari dinas akan mendata dan mengawasi kesehatan hewan yang akan dikurbankan,” jelasnya.


Untuk itu pihaknya melaksanakan beberapa kegiatan seperti pendataan stok hewan kurban di Kota Pematangsiantar. Hal ini untuk mengetahui ketersediaan hewan kurban dalam mencukupi kebutuhan permintaan kurban di Kota Pematangsiantar.


Berkaitan dengan itu terang Benny, maka pihaknya mengingatkan kepada para produsen atau agen hewan kurban, untuk selalu tetap memperhatikan aspek kesehatan produk atau hewannya.(BG/PS)

TRENDINGMore