DAERAHNEWSSUMUT

PJ Bupati Taput Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2024

Jumat, 14 Juni 2024, 13:37 WIB
Last Updated 2024-06-14T06:37:10Z

 

Pj. Bupati Tapanuli Utara bersama Dimposma Sihombing, Kapolres Tapanuli Utara, Dandim 0210/TU, Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara, Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Utara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Tapanuli Utara, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Tapanuli Utara dan Pimpinan Perangkat Daerah anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tapanuli Utara mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024 secara daring yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR:

Pj. Bupati Tapanuli Utara bersama Dimposma Sihombing, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024 secara daring yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara, Jumat (14/6/2024).


Tampak hadir Kapolres Tapanuli Utara, Dandim 0210/TU, Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara, Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Utara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Tapanuli Utara, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Tapanuli Utara dan Pimpinan Perangkat Daerah anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tapanuli Utara 


Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi tersebut dilaksanakan untuk membahas strategi 4K pengendalian inflasi daerah yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.


Gubernur Bank Indonesia menyampaikan bahwa tren inflasi nasional dalam 10 tahun terakhir terus menurun dan diperkirakan sisa tahun 2024 hingga tahun 2025 tetap terkendali rendah pada sasaran 2,5±1 persen. Dalam kondisi global yang masih bergejolak, kebijakan moneter akan tetap konsisten untuk menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah tetap stabil.


Selanjutnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian inflasi nasional pada bulan Mei 2024 sebesar 2.84 persen (YoY) dan lebih baik dibandingkan dengan negara-negara G20 seperti Rusia 7.84 persen, India 4.75 persen, Australia 3.60 persen dan Amerika Serikat 3.30 persen. Untuk memastikan inflasi tetap terjaga beberapa hal yang dilakukan antara lain stabilisasi harga melalui penyaluran beras SPHP dan gerakan pangan murah, peningkatan produksi melalui peningkatan kuota pupuk bersubsidi, penyaluran KUR pertanian, memastikan kelancaran distribusi melalui pembangunan tol darat dan tol laut.


Dalam arahannya Presiden Joko Widodo menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan Daerah atas kerja kerasnya sehingga inflasi dapat terjaga pada target yang ditetapkan. Saat ini dunia sedang dilanda gelombang panas dan diperkirakan tahun 2050 dunia akan mengalami kelaparan sehingga hal ini perlu diantisipasi dan direncanakan mulai sekarang agar kebutuhan irigasi pertanian dan produksi pangan bisa terjaga.


Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan Penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja baik dalam pengendalian inflasi.


Sebagai penutup rangkaian kegiatan Pj. Bupati Tapanuli Utara meminta agar OPD yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Tapanuli Utara secara aktif untuk menjalankan program-program pengendalian inflasi.(BG/TU)

TRENDINGMore