DAERAHNEWSSUMUT

PLT Bupati Labuhanbatu Serahkan Alsintan ke Gapoktan

Selasa, 04 Juni 2024, 20:52 WIB
Last Updated 2024-06-04T13:52:38Z
Plt Bupati Labuhanbatu saat menyerahkan bantuan kepada Gapoktan dan Poktan secara simbolis. 


LABUHANBATU-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu serahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian kepada Gapoktan/Poktan di Lapangan Makodim 0209/lb, Selasa (4/5/2024).


Dukungan penuh diberikan berkolaborasi dengan Kodim 0209/lb terhadap kelompok tani dan gabungan kelompok tani untuk memperluas areal tanam dalam rangka upaya khusus antisipasi darurat pangan di Kabupaten Labuhanbatu.


“Semoga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian serta meningkatkan indeks pertanian,” ucap Plt Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar usai menyerahkan Alsintan.


Dikatakan Hj Ellya Rosa, jika selama ini hanya mampu panen satu sampai dua tahun sekali, maka dengan diberikanya handtraktor dan pompanisasi ini dapat meningkatkan panen menjadi tiga kali dalam satu tahun.


Kepada Gapoktan dan Poktan penerima bantuan, Plt Bupati berharap kiranya apa yang didapatkan hari ini dapat dijaga dan dirawat keutuhanya, sehingga tujuan dari kegiatan oplah ini dapat terwujud.


“Iringilah penggunaan teknologi mesin ini dengan perawatan lahan pertanian, seperti penggunaan pupuk dan sebagainya, agar ketahanan pangan di Kabupaten Labuhanbatu dapat terjaga,” jelas Bupati.


Dandim 0209/lb, Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan optimasi lahan di Desa Meranti Paham, Sie Rakyat, Sungai Rakyat dan Sei Plancang, hingga sekarang ini masih berjalan.



Menurutnya, alat yang diserahkan merupakan pemberian, bukan hadiah, dan itu yang harus dipertanggungjawabkan oleh penerima, dengan harapan memberikan kesejahteraan kepada petani, yang awal mulanya IP 2 Menjadi IP 3.


“Jika itu terlaksana otomatis kesejahteraan Koptan terbantu dan darurat pangan akan terkikis jika kita bisa bekerjasama,” ucap Yudi Ardiyan.


Dijelaskan Dandim 0209/lb, semua ini tidak terlepas dari upaya kerja pemerintah daerah, meskipun TNI yang bekerja, inilah bukti TNI berkolaborasi dengan pemerintah untuk kesejahteraan petani di masyarakat Labuhanbatu.


“Kepada Gapoktan maupun Poktan kiranya hal ini bisa dimaksimalkan dan di pertanggung jawabkan sehingga bisa mengenai sasaran kesejahteraan petani, dan darurat pangan bisa kita hadapi bersama,” sebut Yudi Ardiyan Saputro.


Sementara Ketua kelompok tani Desa Sei Rakyat, Suyanto menyampaikan dengan adanya bantuan ini kiranya para petani dapat meningkatkan produksi pertanian khususnya pertanian padi di Labuhanbatu.(BG/LB)



TRENDINGMore