DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Tiga Rumah Terbakar, Ayah dan Anaknya Tewas di Pematangsiantar

Jumat, 28 Juni 2024, 09:17 WIB
Last Updated 2024-06-28T02:17:38Z


Kondisi rumah Suhartono usai dilahap api. 


PEMATANGSIANTAR-BERITAGAMBAR :


Tiga unit rumah hangus terbakar di Jalan Mojopahit Kelurahan Baru Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Jumat (28/6/2024) dini hari. Akibat kebakaran itu, ayah dan anaknya tewas terpanggang.


Kepala Seksi (Kasi) SDM Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Pematangsiantar, Rencus Sitompul mengatakan korban merupakan ayah dan anak ditemukan tewas terpanggang di dalam rumah.


Korban bernama Suhartono (50) sedangkan anaknya Gita (20). Keduanya terjebak ketika api membesar di kediaman mereka.


“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” kata Rencus.


Menurut keterangan salah seorang warga, Adi, kebakaran itu berawal dari hubungan pendek arus listrik di rumah Suhartono. Saat itu, kobaran api langsung cepat membesar diakibatkan bangunan yang didominasi papan.



Warga yang menyaksikan kejadian tidak dapat berbuat banyak. Selain api marak, ledakan tabung gas juga membuat kepanikan.


Diterangkannya, warga hanya dapat memadamkan api dengan alat seadanya sembari menunggu petugas pemadam kebakaran. Adi mengaku sempat mendengar jeritan minta tolong korban, namun mereka tak dapat bertindak.



“Kami mendekat saja sudah takut, sambil nunggu pemadam kebakaran, kami siram pakai air seadanya,” ucap Adi.


Penyesalan hingga saat ini masing menghantui diri Adi dan warga lainnya. Tapi apa yang hendak dikata, kemampuan mereka terbatas sehingga tidak dapat menjebol rumah korban.


“Memang bapak itu (Suhartono) sakit, sempat sakit stroke, jadi lumayan susah jalan. Mereka tinggal berdua dengan anaknya,” ujarnya.


Saat ini, jenazah kedua korban telah dievakuasi ke rumah sakit RSUD dr Djasamen Saragih. Para tetangga tengah berdiskusi perihal biaya rumah sakit dan pemakaman korban.


“Belum dapat kepastiannya. Masih nanya warga yang lain,” ucapnya.(BG/PS)


TRENDINGMore