DAERAHNEWSSUMUT

Pemkab Simalungun, ILO dan GABKI Gelar Pertemuan

Rabu, 03 Juli 2024, 11:34 WIB
Last Updated 2024-07-03T04:34:56Z
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar pertemuan dengan International Labour Organization (ILO) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GABKI) di aula Blue Diamond Jln. Gereja Pematangsiantar.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR:

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar pertemuan dengan International Labour Organization (ILO) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GABKI) di aula Blue Diamond Jln. Gereja Pematangsiantar, Rabu, (26/6/2024).


Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjadikan beberapa perusahaan perkebunan sawit di wilayah Kabupaten Simalungun menjadi proyek percontohan peningkatan kepatuhan sosial sektor perkebunan kelapa sawit yang di motori oleh pihak ILO.


Pertemuan tersebut dipimpin oleh Bupati Simalungun di wakili oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Albert Saragih, didampingi Kadis Tenaga Kerja Riando P Purba dan Kadis Kominfo Andri Rahadian. 


Dalam pertemuan tersebut Albert Saragih menyampaikan, Pemkab Simalungun berharap, melalui proyek percontohan ini, dapat menjadi alat bagi pemerintah Indonesia untuk menangkal Isu-isu negatif dari pihak luar akan produk sawit di Indonesia.


Menurut Albert, produk sawit Indonesia saat ini memiliki kendala yang cukup serius untuk memasuki pasar Eropah dan Amerika. 


"Pemkab Simalungun mendukung sepenuhnya proyek percontohan ini, yang di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja dan petani sawit di kabupaten Simalungun,"ujar Albert. 


Pertemuan tersebut diakhiri dengan pemberian cendramata dari Pemkab Simalungun kepada ILO dan GABKI.


Tampak hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Kementerian Ketenagakerjaan RI diwakili Metty, perwakilan ILO Jenew, Mr Elvis Beytullawei, perwakilan Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (USDOL), Mrs Carter Quinley dan Mr Jared Khalil, Pengurus ABKI Sumarjono Saragih, Yunirwan Gah dan Christianus Panjaitan dari Tim ILO Jakarta, Pengurus Federasi Hukatan SBSI, Nursana Marpaung dan Perwakilan dari kementerian Ketenagakerjaan provinsi Sumatera Utara.(BG/SMG)

TRENDINGMore