UMUM

Pemkab Samosir Peringati Hari Ulos Nasional dan HKN

Rabu, 23 Oktober 2019, 22:03 WIB
Last Updated 2019-11-28T02:47:57Z

  Bupati dan Wakil Bupati Samosir Rapidin Simbolon-Juang Sinaga bergambar bersama dengan jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir. (Ist)



BERITAGAMBAR-SAMOSIR
Dengan menampilkan pertunjukan Tor-tor (tarian khas Batak) 5 Puak oleh Sanggar Tunas Kelapa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Samosir dengan mengenakan seragam ulos menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkai dengan Perayaan Hari Ulos di Halaman Kantor Bupati Samosir.  

Bupati Samosir  Rapidin Simbolon, menyampaikan bahwa dirangkainya Perayaaan Hari Ulos dengan Upacara Kesadaraan Nasional ini adalah bentuk apresiasi atas penghargaan terhadap ulos sebagai warisan budaya nenek moyang kita yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 153982G/MPK.A/D/2014 tentang Ulos Batak Toba Sebagai Warisan Budaya Tak benda. 

Ulos juga sudah menjadi bagian yang melekat dalam kehidupan sehari-hari orang batak yang digunakan dalam berbagai aktivitas adat habatahon, mulai dari kelahiran sampai kematian, acara sukacita dan dukacita, bahkan seiring perkembangan zaman ulos telah menjadi cenderamata bagi tamu yang kita cintai. 

Sebagai ASN yang telah mengabdi di Bumi Samosir yang merupakan asal muasal suku batak serta sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya kita bangga dan mau melestarikan warisan para leluhur kita dengan berbagai ekspresi dan selebrasi seperti kegiatan kita saat ini," ujar Bupati Samosir. 

Pada Kegaiatan ini juga Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan penghargaan dan apresiasi kepada jajarannya atas prestasi yang dicapai dalam tata kelola PBB-P2 tahun 2019 dengan baik yaitu kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah. Adapun yang mendapat penghargaan tersebut adalah Camat Sianjur Mulamula, Desa Hutanamora dan Kelurahan Tuktuk Siadong sebagai tercepat lunas 100 % PBB-P2 Tahun 2019.  

Semoga dengan Hari Kesadaran Nasional dan Perayaan Hari Ulos ini jajaran Pemerintah Kabupaten Samosir dapat meningkatkan semangat bekerja dan mencintai ulos sebagai warisan leluhur yang harus dilestarikan. Terima Kasih buat kita semua.
(S1)


TRENDINGMore