PENDIDIKANSUMUT

UHN Medan Wisuda 1.880 Mahasiswa

Sabtu, 26 Oktober 2019, 08:31 WIB
Last Updated 2019-11-28T02:47:56Z
Wisuda Mahasiswa Universitas HKBP Nomensen (UHN) Medan periode II. (Ist)

BERITAGAMBAR-MEDAN. Universitas HKBP Nomensen (UHN) Medan periode II melakukan acara wisuda kepada 1.880 orang di Gedung Selecta, Jumat, Jalan Listrik Medan (25/10/2019).

Rektor UHN Medan, Dr Haposan Siallagan, dalam sambutannya mengatakan sejak awal tahun 2019, UHN telah memulai era baru, yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.

"Untuk itulah kami mencanangkan misi 'World Class University' sebagai upaya menjadikan UHN sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang berdaya saing global ditunjukkan oleh output berkualitas yakni memiliki kemampuan kelas dunia berbasis riset, sering juga disebut sebagai universitas kelas dunia," ujar Haposan.

Untuk itu, tegas Rektor, UHN Medan terus berusaha untuk mencapai persyaratan minimal 'World Class University' yaitu minimal 40% dosen berkualifikasi S3, dimana saat ini total dosen yang sudah S3 dan yang sedang studi S3 ada sejumlah 40%.

Kemudian publikasi internasional minimal 2 paper per dosen per tahun, jumlah mahasiswa pasca sarjana ada sebanyak 40% dari total mahasiswa, anggaran riset sejumlah minimal US$ 1.300 per dosen per 5 tahun, jumlah mahasiswa asing minimal 20% dan kecepatan akses jaringan minimal 10 kB per mahasiswa, dimana saat ini rata-rata kecepatan akses yang ada sebesar 8 kB per mahasiswa. "Untuk inilah Universitas HKBP Nommensen terus berupaya menuju universitas kelas dunia atau World Class University," sebutnya.

Dikatakan Rektor lagi, pada semester ganjil 2019/2020, UHN membuka Kelas Internasionalnya yang pertama sekali di Prodi Teknik Mesin dengan menggunakan bilingual, Bahasa Indonesia-Inggris. 

UHN melaksanakan Pembelajaran Daring menyeluruh berbasis e-learning dengan sistem blended learning menggunakan applikasi Google Classroom. Tujuannya agar proses perkuliahan dapat berjalan interaktif dan lebih melek teknologi.

Pada semester ganjil tahun 2019/2020 ini, UHN menggiatkan publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional dengan menerbitkan tujuh Open Jurnal System yang ber-e-issn serta diindeks di DOI, dan melaksanakan dua konferensi berskala internasional yang terindeks di Scopus (3rd NICTE dan NICCT).

 Hal ini sebagai salah satu upaya dari UHN untuk mewujudkan upaya menuju World Class University, tegas Rektor lagi.


Adapun wisudawan terbaik adalah atas nama Doni Dinasmean Zega dari Fakultas Peternakan dengan IPK 4,0. Kemudian Nova R Batubara dari Administrasi Publik dengan IPK 3,88, Steven Jantri Situmorang dari Fakultas Ekonomi IPK 3,60, Ivana Nina dari Fakultas Psikologi dengan IPK 3,85.

Selain itu, Virmani Trimelda Purba dari Profesi Dokter Fakultas Kedokteran 3,96 dan Besnia Jul Triani Hutagalung 3,55, Andreas Eliya Zefanya dari Fakultas Bahasa dan Seni dengan IPK 3,79, Jhon Piter Rajadoli Sirait dari Fakultas Hukum dengan IPK 3,94, dan Andry Dayarana F Silalahi dengan IPK 4,00. (ac)

TRENDINGMore