EKONOMISAMOSIR

Tahun 2020, Seluruh Usaha Hotel dan Restoran di Samosir akan Dipasang Tapping Box

Kamis, 28 November 2019, 19:48 WIB
Last Updated 2019-11-28T12:48:36Z
Acara sosialisasi Badan Pendapatan Daerah.(ist)


BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Pemerintah Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatra Utara bekerja sama dengan Bank Sumut pada tahun 2020, akan menyediakan serta memasang alat monitoring transaksi usaha (tapping box) untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari obyek pajak hotel, restoan dan hiburan.

Demikian disampaikanKepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Samosir melalui Kabidnya Marojahan Situmorang, kepada beritagambar.com, Kamis (28/11/2019) di Samosir.
Baliho launching Tapping Box. (ist)


"Penyediaan Tapping Box merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkab Samosir dengan Bank Sumut dan Telkom Indonesia sebagai vendor sesuai dengan saran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui program Koordinasi Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah).

“Tapping box tersebut diharapkan dapat mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah sejaligus mencegah los potensi pajak daerah serta meningkatkan transparansi,” jelasnya.

Pihak Bapenda Samosir akan memulai pemasangan tapping box dengan melakukan sosialisasi tahap pertama dengan mengikutsertakan 22 hotel dan restoran. 

Diharapkan tahun 2020 semua hotel, restauran dan hiburan yang potensial sudah terpasang tapping box. "Sebagai proyek uji coba akan dilakukan launching  Jumat, (29/11/2019) yang dimulai dari Hotel Samosir Cottage di Tuktuk Siadong dan Restoran Palito di Pangururan," tambahnnya.

Data tapping box tersebut secara online akan masuk ke server pemda setempat sehingga pemda dapat melihat potensi pajak yang terjadi di tempat usaha dan diyakini alat yang dipasang di kasir tersebut dapat memaksimalkan pendapatan, terutama pajak daerah. (drh)


TRENDINGMore