EKONOMISAMOSIR

Bapenda Samosir Launching "Tapping Box" Perekaman Transaksi Usaha

Jumat, 29 November 2019, 16:15 WIB
Last Updated 2019-11-29T09:17:17Z
Kepala Bapenda Samosir Hotraja Sitanggang didampingi Kepala Bank Sumut Cabang Pangururan, Marojahan Situmorang mensosialisasikan penerapan teknologi perangkat perekam data. (ist)

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Badan Pendapatan (Bapenda) Pemerintah Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatra Utara bekerja sama dengan Bank Sumut, mensosialisasikan atau launching perangkat "Tapping Box" Perekaman Transaksi Usaha di setiap kegiatan perhotelan dan restoran di Kabupaten Samosir, Jumat (29/11/2019) di Pangururan.
Suasana diskusi penerapan Tapping Box Bapenda Samosir. (ist)

Pemkab Samosir akan menyediakan serta memasang alat monitoring transaksi usaha (tapping box) untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari obyek pajak hotel, restoan dan hiburan, ujar Kepala Bapenda Samosir, Hotraja Sitanggang.
Kesiapan Badan Pendapatan Samosir. (ist)

"Penyediaan Tapping Box merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkab Samosir dengan Bank Sumut dan Telkom Indonesia sebagai vendor sesuai dengan saran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui program Koordinasi Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah)," terangnya.

"Sebagai proyek uji coba, hari ini dilakukan launching Jumat, (29/11/2019) yang dimulai dari Hotel Samosir Cottage di Tuktuk Siadong dan Restoran Palito di Pangururan," tambahnnya.

Katanya, tapping box tersebut diharapkan dapat mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah sejaligus mencegah los potensi pajak daerah serta meningkatkan transparansi.

Pihak Bapenda Samosir akan memulai pemasangan tapping box dengan melakukan sosialisasi tahap pertama dengan mengikutsertakan 22 hotel dan restoran.

Diharapkan tahun 2020 semua hotel, restauran dan hiburan yang potensial sudah terpasang tapping box.

Data tapping box tersebut secara online akan masuk ke server pemda setempat sehingga pemda dapat melihat potensi pajak yang terjadi di tempat usaha dan diyakini alat yang dipasang di kasir tersebut dapat memaksimalkan pendapatan, terutama pajak daerah.(drh)

Kepala Bapenda Samosir Hotraja Sitanggang didampingi Kepala Bank Sumut Cabang Pangururan dan Sekretaris Bapenda Marojahan Situmorang mensosialisasikan perangkat teknologi monitoring transaksi (Tapping Box) di Samosir. (drh)

TRENDINGMore