HEADLINENEWSSAMOSIR

Pemkab Samosir Gelar Rakor Pertanggungjawaban dan Pelaporan APB Desa TA. 2019.

Rabu, 11 Desember 2019, 08:38 WIB
Last Updated 2019-12-11T02:08:18Z

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menutup rapat koordinasi pertanggungjawaban APBDes.

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Pilihan pekerjaan menjadi penyelenggara pemerintah harus mempunyai tanggung jawab dalam pembangunan. 

Saat ini masyarakat membutuhkan kita untuk memberikan kesejahteraan. Pilihan menjadi kepala desa, perangkat desa dan pendamping desa maupun menjadi Bupati dan Wakil Bupati merupakan pilihan kita sendiri. 

Melalui pekerjaan yang kita pilih harus tertanam sikap melayani dan membangun serta rela berkorban demi masyarakat. Hal ini disampaikan Wabup pada   penutupan rakor pertanggungjawaban dan pelaporan  APB Desa Tahun 2019 di Hotel Grand Dainang, Selasa (10/12/2019).

Melalui APBDesa, Wabup menekankan agar kepala desa dan komponenya mampu berinovasi. Membuat suatu gebrakan dan gerakan yang dapat mensejahterakan masyarakat. Hal ini dapat dilakukan apabila bekerja dengan hati dan pengorbanan.
Diharapkan program pemberdayaan masyarakat dijalankan dengan baik. 

Dengan pemberdayaan, masyarakat akan lebih sejahtera. Setiap desa melalui kepala desa dan perangkatnya dapat mengembangkan diri dengan dengan BUMdes, kelompok tani, kelompok bangkit dan lain sebagainnya.
Lebih lanjut Wabup mengatakan Program Bangkit di setiap desa juga harus ditingkatkan, karena langkah ini merupakan salah satu strategi dalam mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Samosir.

Beberapa poin penting disampaikan Wabup Juang Sinaga diantaranya Realisasi pertanggung jawaban pelaksanaan APB desa harus tranparan dan dipublikasikan kepada masyarakat sehingga betul- betul adanya transparansi. Penyetoran silpa harus dilakukan paling lambat akhir bulan Desember. 

Lampiran Peraturan Desa tentang laporan pertanggungjawaban agar diolah melalui aplikasi Siskeudes. Tenaga ahli, pendamping desa, pendamping lokal desa agar bersinergi dalam memfasilitasi desa diwilayah kerja masing-masing sehingga pertanggung jawaban dan pelaporan tepat waktu dan tepat sasaran. 

Pembangunan bidang infrastruktur desa dan administrasi pertanggungjawaban harus dipastikan selesai pada akhir bulan Desember.
Diakhir arahanya, Wabup Juang Sinaga mengakak seluruh peserta untuk Bersatu dan bersama membangun Samosir. (BG)

TRENDINGMore