HEADLINESAMOSIR

Rapidin Simbolon Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Holbung

Selasa, 10 Desember 2019, 18:17 WIB
Last Updated 2019-12-10T11:22:53Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Kepala Dinas PUPR meninjau lokasi banjir bandang di Desa Holbung.

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Kabinetnya meninjau lokasi banjir bandang di Desa Holbung Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir Propinsi Sumatra, Selasa (10/12/2019).

Pada kesempatan tersebut, Bupati langsung memerintahkan Kadis PUPR supaya menurunkan alat berat untuk membersihkan berbagai tumpukan kayu dan batu-batuan yang menutupi jalan penghubung antar Dusun supaya dapat dilalui masyarakat.
Tampak tumpukan kayu, batu dan lumpur di lokasi banjir bandang.
Rapidin juga menginstruksikan Kadis Pertanian untuk mencek dan mendata lahan masyarakat yang mengalami kerugian karena lahan pertanian dan persawahan rusak akibat banjir bandang tersebut.

Rapidin, meminta seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan alam di sekitar kita. Jangan adalagi penebangan pohon di kawasan hutan sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.
Bupati Samosir Rapidin Simbolon meninjau lokasi banjir bandang.

Sebelumnya juga beberapa anggota DPRD Samosir telah melakukan peninjauan ke lokasi banjir bandang. 

Sebelumnya diberitakan, Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Samosir, mengakibatkan banjir bandang di Desa Holbung, Kecamatan Sitio-tio, Minggu (8/12/12/2019), sekira pukul 22.00 WIB.

Luapan air hujan yang turun dari atas perbukitan menyebabkan batu bercampur lumpur dan pepohonan terbawa arus air di Binanga (Sungai) Sigog tidak mampu menampung debit air yang mengalir dari hulu sungai, sehingga meluap menghancurkan beberapa jembatan dan 1 pelabuhan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir, Mahler Tamba, Senin pagi (9/12/2019) membenarkan kejadian itu.

"Akses jalan penghubung antara Kecamatan Sitio-tio lumpuh karena jalan tertutupi material lumpur, kayu yang terbawa banjir," ujar Tamba.
"Pada kejadian itu tidak ada korban jiwa, dimana pada saat kejadian warga sudah terlebih dahulu mengungsi ke lokasi yang aman,"ujar Mahler.

TRENDINGMore