HEADLINENEWSPENDIDIKANSAMOSIR

Giat Dukung Dunia Pendidikan, PT Toba Pulp Lestari Adakan Pelatihan 56 Siswa SMP se-Samosir

Selasa, 25 Februari 2020, 11:32 WIB
Last Updated 2020-02-25T04:33:47Z
Pelajar bergambar bersama dengan Kadis Pendidikan Samosir dan Surya Institut.

Beritagambar.com-Samosir
Sebagai komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL) melalui program Community Development (CD), bersama pemerintahan Kabupaten Samosir melalui Dinas Pendidikan Samosir, mengadakan pelatihan pendidikan kepada 56 siswa SMP di Kabupaten Samosir yang berkerja sama dengan Surya Institute (SI) Jakarta.
Peserta Tryout pelajar SLTP se-Samosir, bergambar bersama dengan Tim Penguji.

Program ini merupakan program lanjutan, dimana sebelumnya PT TPL telah mengadakan Try Out yang diikuti oleh 600 siswa SMP se-Kabupaten. Samosir. Dari hasil try out tersebut, dipilih 56 siswa dengan nilai tertinggi untuk dapat diberikan pelatihan khusus oleh pihak Surya Institute.

Tujuan dari diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk mendukung siswa/i untuk dapat lulus bersekolah di SMA Unggulan yang diinginkan.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Samosir, Rikardo Hutajulu, mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu langkah awal yang dilakukan untuk mendukung siswa/i dalam menggapai masa depan yang baik.

“Kami ingin melihat masa depan anak Samosir cemerlang, maka dari itu, kita semua yang ada disini, bersama kepala sekolah, didukung oleh PT TPL melakukan pelatihan ini, kita ucapkan terima kasih kepada TPL” ujar Rikardo.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 6 hari, (17–22/2/2020) di Saulina Resort Pangururan, Kabupaten. Samosir yang diikuti oleh semua perwakilan SMP se-Samosir. Setelah pelatihan ini, PT TPL juga akan mengadakan Test Psikotest selama dua hari, lalu dilanjutkan dengan bimbingan Samapta untuk persiapan menuju ujian memasuki SMA Unggulan.

Hobin Naibaho orangtua salah satu siswa yang mengikuti pelatihan ini, Siska Naibaho, perwakilan dari SMP Budi Mulia Pangururan, mengatakan bahwa anaknya sejak dulu sudah memiliki cita-cita untuk dapat bersekolah di salah satu SMA Unggulan di Sumatera Utara ini.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih dan mendukung program yang dilakukan oleh pemerintah Kab. Samosir yang bekerja sama dengan PT Toba Pulp Lestari. Kami bersyukur dengan adanya pelatihan ini,” ujar Hobin.

Berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB pada tahun 1989, terdapat 10 Hak Anak, salah satunya adalah Hak untuk mendapatkan Pendidikan. Ramida Siringoringo, selaku Manager CD PT TPL, mengatakan bahwa sejalan dengan salah satu Hak Anak,  PT Toba Pulp Lestari hadir berkontribusi dan juga bergandengan dengan pemerintah setempat, sehingga anak-anak dapat lebih mudah dalam mengakses pendidikan.

“Harapan kita kedepan, anak-anak menjadi pondasi untuk dapat melakukan pembangunan di suatu daerah, sehingga ketika mereka berhasil dan akan kembali untuk membangun negerinya. Dalam hal ini, PT TPL telah berkontribusi dalam meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan sekitarnya,” ujar Ramida. 

TRENDINGMore