HEADLINEKESEHATANSAMOSIRUMUM

Pemkab Samosir Sediakan Ruang Isolasi Pasien Terpapar Virus Corona

Rabu, 04 Maret 2020, 09:04 WIB
Last Updated 2020-03-04T02:06:08Z
Petugas kesehatan RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan, mempersiapkan ruang isolasi pasien terpapar virus Corona sebelum dirujuk. (Ist)

Beritagambar.com-Samosir
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menyiapkan satu ruang isolasi di RSU dr Hadrianus Sinaga, Pangururan, sebagai tempat observasi pasien suspect virus Corona. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus Corona ke Samosir, yang saat ini mulai masuk ke Indonesia.

Demikian disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Rabu (4/3/2020).

"Penyediaan ruang isolasi tersebut hanya bersifat sementara jika nantinya ada ‘pasien suspect’ terkonfirmasi virus Corona, sebelum akhirnya dirujuk ke RSU rujukan," ujar Simbolon.

Selain menyediakan ruang isolasi untuk obeservasi pasien suspect virus corona, Pemkab Samosir juga menyediakan layanan informasi untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran penyakit pneumonia berat yang belum diketahui etiologinya.

Sehingga, pasien suspect virus Corona benar-benar ditangani secara standar operasional prosedur. Ruangan tersebut bersifat sementara. Jika hasil observasinya menyatakan positif virus corona, maka pasien akan rujuk ke RSU rujukan.
Rumah sakit rujukan Virus Corona di Sumut adalah, RSUP H Adam Malik. Ditopang oleh RS Haji, RS USU, RS Bhayangkara, RSUD Lubuk Pakam.



TRENDINGMore