HEADLINENEWSSAMOSIR

Pemkab Samosir Terbaik Pembangunan Daerah se-Sumut

Selasa, 17 Maret 2020, 16:22 WIB
Last Updated 2020-03-17T09:25:13Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Juang Sinaga didampingi Istri.


Beritagambar.com-Samosir
Kabupaten Samosir dibawah kepemimpinan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga, menunjukkan keberhasilannya setelah berhasil menjadi yang terbaik di Sumatera Utara dan menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

“Samosir berhasil sebagai Kabupaten terbaik se-Sumatera Utara dan menjadi utusan propinsi di tingkat nasional untuk Penghargaan Pembangunan Nasional,” sebut Bupati Rapidin Simbolon, kepada wartawan, pesan WhatsApp.

Dijelaskannya, bahwa Samosir menjadi salah satu nominasi dari 15 Kabupaten seluruh Indonesia, yang akan dinilai dan diuji. “Selanjutnya Kementerian Pembangunan Nasional akan menentukan 10 daerah,” imbuhnya.

Bupati Rapidin berharap, agar aparatur daerah sungguh sungguh dalam mempersiapkan diri untuk meraih prestasi nasional itu.

Sementara Kepala Bappeda Samosir, Rudi Siahaan merinci ada beberapa aspek yang akan dinilai. Aspek Pencapaian Pembangunan (30%) meliputi, pertumbuhan ekonomi,transparansi dan akuntabilitas.

Aspek Kualitas Dokumen RKPD (20%) meliputi keterkaitan antar dokumen perencanaan dari RKP Pusat, RPJMD hingga RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2020, konsistensi antar Substansi dalam dokumen RK dan elengkapan dan kedalaman dokumen RKPD 2020 hingga tingkat keterukuran perencanaan dalam dokumen.

Aspek Proses Penyusunan Dokumen RKPD (30%) meliputi kualitas proses dalam penyusunan RKPD Tahun 2020 secara bottom up, top down (bawah-atas), teknokratik dan politis dilihat sejak pelaksanaan musrenbang dusun,desa dan musrenbang Kabupaten dan aspek Inovasi (20%) meliputi hasil inovasi, proses Inovasi, hingga manfaat inovasi.

Rudi juga menjelaskan, dari banyaknya inovasi daerah hanya dapat mengusulkan 1 inovasi dan diperlukan kajian dan analisa terhadap inovasi yang diusulkan dan sesuai dengan RKP Tahun 2020 yakni “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk pertumbuhan berkualitas”.

Mantan Kabag Umum Setdakab Samosir itu menambahkan, tahapan penilaian terdiri dari pengumpulan dokumen, presentasi dan wawancara. “Kabupaten Samosir salah satu nominasi di Indonesia yang lulus dalam tahapan ini,” pungkasnya. 

TRENDINGMore