NASIONALNEWS

Bye Corona! Vaksin Merah Putih & 5 Senjata Pamungkas Jokowi

Senin, 24 Agustus 2020, 11:10 WIB
Last Updated 2020-08-24T04:10:05Z
Presiden RI Joko Widodo.
BERITAGAMBAR.COM-JAKARTA
 Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro memberikan update terkait dengan penanganan Covid-19.

"Tetapi yang utama ada sekitar lima produk yang difokuskan," tegas Bambang seperti ditulis CNBC Indonesia, Senin (24/8/2020).

Kelima produk tersebut adalah :

1. Rapid Test Covid 19 yang telah diproduksi dan diharapkan 1 juta unit per bulan dapat di produksi bulan depan. Kemudian meningkat menjadi 2 juta/bulan dan bulan-bulan berikutnya bisa naik 2 juta. Saat ini sedang dipastikan kesiapan industrinya.


2. PCR test kit Covid 19 yang statusnya saat ini sudah diproduksi hingga 2 juta per bulan.


3. Vaksin Merah Putih untuk lawan Covid-19 yang ditargetkan akan diproduksi pertengahan tahun depan.


4. Suplemen untuk meningkatan daya tahan tubuh yang prosesnya sedang menunggu konfirmasi dari BPOM untuk menjadi suplemen.


5. Pengembangan Bio Safety Laboratorium (BSL-2), yang sudah di gunakan di Rumah Sakit TNI Angkatan Darat M Ridwan Meuraksa.

Bambang memastikan akan melakukan koordinasi untuk menjaga keberlanjutan serta hilirisasi dari kelima produk inovasi tersebut.

"Mitra untuk hilirisasi itu adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian BUMN untuk memastikan komersialisasi produk inovasi dalam skala besar," tegasnya

TRENDINGMore