NEWSPERISTIWASUMUTUMUM

DPRDSU Desak Gubsu Bantu Petani Terdampak Debu Sinabung

Sabtu, 22 Agustus 2020, 01:12 WIB
Last Updated 2020-08-21T18:12:55Z
Tampak petani membersihan tanaman sayur mayur, dari debu letusan gunung Sinabung.

BERITAGAMBAR.COM-MEDAN. DPRD Sumut desak Gubsu Edy Rachmayadi segera bantu para petani yang terdampak langsung debu erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo.
DPRD desak Gubsu bantu petani terutama terhadap empat kecamatan di Tanah Karo yang lahannya rusak terdampak erupsi Sinabung.

“Kita minta Gubsu kucurkan bantuan dan modal kepada mereka yang kehidupannya tak menentu akibat musibah tersebut,” kata Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Jumat (21/8/2020).

Empat kecamatan itu Namanteran, Merdeka, Dolat Rayat dan Berastagi termasuk yang paling parah akibat erupsi Gunung Sinabung yang terjadi dua pekan lalu,

Dampaknya, kehidupan rakyat di Tanah Karo menjadi tidak menentu. Kerusakan lahan milik petani menurut versi Baskami mencapai 1,483 hektar yang hancur diterjang abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung.

“Saat ini petani Karo di empat kecamatan itu benar-benar tersungkur diterjang erupsi Gunung Sinabung dan pandemi Covid-19,” katanya.

Petani mengalami rugi besar dan saat ini di ambang kebangkrutan, karena 23 jenis holtikultura mereka yang sudah siap panen luluh-lantak oleh abu vulkanik.

TRENDINGMore