NEWSSAMOSIRUMUM

Ketua DPRD Samosir: Struktur R-APBD Samosor TA 2021, Efesien,Transparans dan Pro Rakyat

Rabu, 05 Agustus 2020, 00:30 WIB
Last Updated 2020-08-08T01:55:05Z
Gedung DPRD Samosir.
BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Dalam rangka penyusunan rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sebagai dasar dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2021, DPRD Samosir melalui Badan Anggaran (Banggar) menggelar rapat.

Rapat Banggar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Samosir ini digelar selama dua hari, 4-5 Agustus 2020 di Hotel Gorat, Kecamatan Palipi.

 Ketua DPRD, Saut Martua Tamba ST saat membuka rapat menyampaikan rapat bersama ini, dalam rangka pembahasan rancangan KUA-PPAS 2021, Selasa (4/8/2020). Sebelum nantinya disusun menjadi sebuah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD 2021.
"Tema R-APBD Samosir TA 2021, harus efesien, transparan dan pro rakyat ," ujar Sait.

Ditambahkan Anggota Banggar, Renaldi Naibaho, berharap pembahasan ini berpedoman pada prinsip efektif, efesien, ekonomis, dan transparansi, yang tentu memperhatikan asas keadilan, kepatuhan dan manfaat bagi masyarakat luas.

Sehingga setiap kepala perangkat daerah mesti menunjukkan tanggung jawab dan dedikasi pada proses pembahasan ini. Agar tujuan penganggaran dalam penyelenggaraan program dapat berlangsung sesuai harapan dan bermanfaat bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat.

"Oleh karena itu, dapat dimaknai bahwa perangkat daerah dalam menyusun rancangan program kegiatan agar lebih prospektif, realistis dan akuntabel serta transparan demi pembangunan yang berkeadilan," tutur Politisi PDIP itu.

Dirinya juga meminta Pemkab Samosir untuk mengupayakan sumber-sumber pendapatan asli daerah yang berasal dari pengelolaan sumber daya alam, agar mengurangi ketergantungan.

"Untuk upaya peningkatan pendapatan asli daerah lewat pajak dan retribusi, perlu dikelola secara baik yang akhirnya dapat memberikan pemasukan bagi daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Samosir, Jabiat Sagala selaku ketua TAPD mengatakan rapat ini penting untuk membahas secara bersama postur APBD pada tahun 2021 untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan demi kesejahteraan masyarakat dan Samosir maju.

TRENDINGMore