KESEHATANNEWSPERISTIWASAMOSIRUMUM

Satgas Covid-19 Samosir, Imbuh Masyarakat Tetap Wapada dan Ikuti SOP Kesehatan

Kamis, 13 Agustus 2020, 08:10 WIB
Last Updated 2020-08-13T01:10:30Z
Juru bicara Satgas Covid-19, Rohani Bakkara mendampingi Bupati Samosir Rapidin Simbolon, saat menyalurkan bantuan sosial di Sitio-tio.

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir tetap menghimbau warga Samosir mewaspadai pergerakan pelaku perjalanan ke Samosir dan kerumunan.

Kewaspadaan menjaga diri dari Covid-19, dari pengunjung di situs-situs wisata, kegiatan pembelajaran tatap muka pada tingkat SMP, kerumunan di pasar, kegiatan sosial budaya dan kesiapan-kesiapan teknis lainnya untuk terus mengikuti protokol kesehatan menjadi dasar seluruh kegiatan di luar rumah.

Hal itu disampaikan Juru bicara Satgas Covid-19, Rohani Bakkara, kepada wartawan melalaui pesan WhatsApp, Kamis (13/8/2020).

Saat ini tingkat kepanikan akan penularan Covid-19 tidak begitu tinggi namun Satgas Penanganan Covid-19 tetap mengkampanyekan perlunya protokol kesehatan untuk dilaksanakan pada seluruh kegiatan aktivitas di luar rumah terutama yang bersifat kerumunan agar tetap aman dari Covid-19. Sejauh ini, dinamika kehidupan masyarakat sudah berjalan normal meskipun masyarakat belum sepenuhnya mengikuti Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam beraktivitas.

Penurunan angka konfirmasi harian masih jauh dari harapan. Perlu intensifitas  penyadaran masif bagi masyarakat oleh multihelix melalui satu atau berbagai kesempatan terutama adanya orasi berulang terkait implementasi protokol kesehatan ketika melakukan setiap kegiatan resmi maupun tidak resmi.

Empat bulan ke depan, kita akan mengakhiri tahun 2020 dan memasuki tahun 2021  yaitu tahun tersedianya vaksin dan pemulihan ekonomi/sosial secara nasional.

Kita berharap, sebelum vaksin tersedia, angka kasus konfirmasi tidak naik melainkan turun secara perlahan-lahan sebagai akumulasi tingkat kesadaran dan kedisiplinan menghidupi protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.

Satgas Penanganan Covid-19 tetap akan berupaya semaksimal mungkin untuk memantau dan menegakan pelaksanaan protokol kesehatan setiap harinya dengan tujuan agar Samosir tetap zona hijau selama pandemi. Oleh karena itu, marilah tetap tingkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan secara konsisten.(BG/TS1)

TRENDINGMore