NEWSSAMOSIRSUMUTUMUM

Ini Daftarnya, TA 2020 Pemerintah RI Kucurkan Rp897 Miliar Bangun Samosir

Senin, 17 Agustus 2020, 14:14 WIB
Last Updated 2020-08-17T08:14:38Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Samosir, beberapa waktu lalu.
BERITAGAMBAR.COM-JAKARTA
Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyampaikan, Kabupaten Samosir sebagai salah satu kabupaten di kawasan Danau Toba yang masuk sebagai Kawasan Strategis Prioritas Pariwisata Nasional (KSPN) memperoleh alokasi anggaran pembangunan sebesar Rp 897 miliar.

Dengan 28 kegiatan pembangunan yang akan berlangsung dan sebagian sudah berlangsung.
Daftar kegiatan APBN TA 2020 di Kabupaten Samosir.

"Sejalan dengan amanat presiden dan prioritas kebijakan yang telah ditetapkan, alokasi anggaran pembagunan dari APBN difokuskan pada akselerasi pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan sosial ekonomi," ujar Bupati  Simbolon kepada wartawan, Senin (17/8/2020).


Menurut Rapidin, alokasi anggaran tersebut akan diarahkan untuk mendukung pelaksanaan berbagai program prioritas pembangunan serta penyelenggaraan pemerintahan, untuk mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera.

"Memperhatikan besarnya alokasi anggaran ini, mari kita masyarakat Samosir, bersyukur dan mengapresiasi serta menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas perhatiannya untuk Bona Pasogit kita. Perubahan besar untuk Samosir yang lebih baik segera terjadi," katanya.



Dari 28 proyek pembangunan yang bersumber dari APBN untuk pembangunan sarana hunian pariwisata/sarhunta guna merehab sebanyak 353 unit rumah adat menjadi homestay dari Direktorat rumah swadaya Ditjen penyediaan perumahan Kemen PU-PR masih verifikasi.

Kemudian pembagunan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) untuk enam kecamatan. Yakni Sianjur Mula-mula, Harian, Nainggolan, Palipi, Ronggur Nihuta dan Pangururan dengan alokasi anggaran Rp600 juta setiap kecamatan. Untuk bidang pendidikan, rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana di Kabupaten Samosir yakni SDN 6 Hariara Pintu, Kecamatan Harian.(BG/TS01)

TRENDINGMore