NEWSSAMOSIR

Bupati Samosir kukuhkan pengurus Pokdarwis Desa Tanjung Bunga

Sabtu, 26 September 2020, 06:58 WIB
Last Updated 2020-09-26T00:37:55Z
Bupati Samosir Kukuhkan Pokdarwis Pendakian Gunung Pusuk Buhit, Sitao-tao.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, mengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pendakian Gunung Pusuk Buhit Sitaotao, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Jumat (25/9)

Bupati Samosir mengatakan bahwa Pokdarwis Sitaotao yang dikukuhkan harus senantiasa bekerja keras untuk menjadikan daerah tersebut destinasi asyik untuk dikunjungi.

Selain mengedepankan keramahtamahan dan tersedianya pemandangan yang indah, masyarakat setempat juga harus mampu mengelola potensi alam yang ada sebagai oleh-oleh bagi pengunjung yang datang.

Terkait sarana dan prasarana, dia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir akan terus memberikan dukungan, baik pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM).


"Kita lihat bersama, pembangunan jalan dari Peabang dan sampai ke atas ini, Sitaotao sudah terlaksana dan masih akan terus berlangsung. Ke depan, kita akan meneruskan pembangunan hingga ke Sijambur," ungkap Rapidin Simbolon.

Karenanya, bupati berharap agar pokdarwis yang dikukuhkan ini pun harus terus bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan Samosir sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pariwisata dan pertanian.

Senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan. Dia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir konsisten melakukan pembangunan pariwisata dari segala aspek, baik fisik maupun SDM.

"Kita lihat bersama-sama bagaimana majunya pembangunan fisik di Kabupaten Samosir ini. Ada pelebaran Tano Ponggol, jalan-jalan yang mulus dan banyak lagi yang lainnya," tuturnya.


Sementara, Ketua Pokdarwis Sitaotao Japolmen Naibaho menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Samosir terhadap Pokdarwis Sitaotao. Dan juga dukungan Pemerintah Desa Tanjung Bunga dibawah kepemimpinan Lasper Bartolomeus Sitanggang.

Dia menyampaikan bahwa ada banyak potensi yang layak untuk dijual kepada pengunjung yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Satu yang pasti, lokasi ini menyuguhkan view terindah pada jalur pendakian Gunung Pusuk Buhit. Selain itu, di daerah ini juga melimpah hasil pertanian dengan kualitas unggul. Ada pisang, alpukat, kopi.

Ada juga ulos yang ditenun oleh masyarakat setempat. Di lokasi ini juga ada wisata budaya Batu Sodompakkonon, yang berkenaan dengan Marga Naibaho,” jelasnya.

Kepala Desa Tanjung Bunga, Lasper Bartolomeus Sitanggang menyatakan, kelompok sadar wisata ini dibentuk untuk menggembangkan aspek wisata yang ada.

“Ini salah satu program kita untuk mengembangkan potensi wisata yang ada sehingga nantinya bisa menggait banyak para wisatawan untuk datang kesini. Dan akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Adapun pengurus Pokdarwis Tanjung Bunga yakni Ketua: Japolmen Naibaho, Sekretaris: Henri Naibaho, Bendahara: istri kepala desa Asnaria Sinaga dan wakilnya Alpredo Simbolon. Dan pengurus lainnya.
(BG/TS1)

TRENDINGMore